Kamis, 29 Oktober 2009

Puting Susu Belah Dilarang Menyusui


SAYA (26), pascamelahirkan, puting susu saya belah dua melintang. Mertua saya melarang saya menyusui anak karena kalau puting susunya belah ASI-nya tidak baik dan bisa menyebabkan kematian menurut tradisi kampungnya (Madura). Karena dulu ada tetangganya yang melahirkan sudah 3 kali anaknya meninggal. Menurut orang pintar di sana, air susunya tidak bagus karena puting susunya belah seperti saya. Jadi, semua orang Madura yang puting susunya belah seperti saya, anaknya tidak disusui karena alasan tadi. Karena saya bukan orang sana, saya tidak percaya. Saya tetap menyusui anak laki-laki saya sampai usianya 11 bulan. Anak saya sehat, gemuk dan lincah.

Genap usia 11 bulan dia diare dan dirawat di ruang ICU. Karena kekurangan cairan dan sudah parah, akhirnya bulan September lalu meninggal. Dari pengalaman itu, mertua menyalahkan saya karena sudah menyusuinya. Dia pun berpesan kalau punya anak lagi jangan disusui tapi diberi formula. Saya jadi sedih dan trauma. Apa benar mitos puting susu belah melintang bisa menyebabkan kematian anak? Apakah ASI saya tidak bagus? Tolong beri penjelasan tanda-tanda payudara yang menghasilkan ASI yang baik? Terima kasih.
Mundari – Jakarta Utara

Ibu telah melakukan hal yang terbaik dengan memberikan ASI sampai 11 bulan untuk bayi Ibu. ASI merupakan makanan paling sempurna bagi bayi Ibu karena mengandung zat kekebalan tubuh dan nutrisi/zat-zat gizi yang lengkap. Mitos mengenai "bentuk puting belah menghasilkan ASI yang tidak baik" adalah tidak benar. Bentuk payudara dan puting tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Prinsipnya, makin sering bayi disusui, produksi ASI makin bertambah banyak. Jadi, bayi Ibu meninggal bukan karena ASI-nya tetapi karena diare dehidrasi berat. Semoga ibu mertua dapat menerima bahwa mitos mengenai puting belah adalah salah.

Dijawab oleh:
Dr. Mulya Rahma Karyanti, Sp.A.

Source : Kompas.com

Susu Formula Khusus untuk Batita

JAKARTA, SENIN -- Tingginya kasus kurang gizi dan gizi buruk di Indonesia karena anak-anak Indonesia selama ini sangat kurang minum susu, bahkan paling rendah dibanding negara-negara lain. Agar konsumsi susu dapat terus ditingkatkan pada saat membumbung tingginya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat belakangan ini, khususnya susu untuk anak usia di bawah tiga tahun (Batita), maka Nestle Indonesia meluncurkan susu bubuk Dancow Batita Peluncuran Dancow Batita dilakukan oleh Presiden Direktur Nestle Indonesia Peter Vogts, Senin (11/8) di Jakarta. Ini merupakan peluncuran pertama di dunia.

"Kami mendukung visi pemerintah untuk menekan kasus gizi buruk di Indonesia guna mewujudkan generasi yang lebih baik," katanya. Dari data FAO, masyarakat Indonesia mengunsumsi susu rata-rata sembilan liter setiap tahun per kapita, tertinggal jauh dibanding Malaysia 25,4 liter, Singapura 32 liter, bahkan Vietnam 10,7 liter, dan Philipina 11,3 liter.

Peter Vogts menjelaskan, dengan mencermati penyebab kasus kurang gizi dan gizi buruk dan data konsumsi susu di Indonesia, maka Nestle Indonesia menciptakan inovasi baru berdasarkan penelitian para ahli dari Nestle Indonesia, sebagai produsen makanan dan minuman bernutrisi di dunia.

"Sebagian besar masyarakat Indonesia hidup kelas ekonomi menengah ke bawah. Karena itu Nestle Indonesia terdorong menciptakan produk dengan harga relatif murah dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik," jelas Peter.

Tali pusat bayi

Tali pusat bayi memang terlihat lembek dan mudah putus, jadi tidaklah heran jika ibu baru pasti menyerahkan soal perawatan tali pusat ini pada orang lain yang dianggap lebih mengerti. Sebaiknya jangan takut ya bu, asalkan dirawat dengan baik dan selalu dijaga kebersihannya maka tali pusat akan lepas sendiri tanpa menimbulkan masalah kesehatan.

Sebelum jauh mengulik cara merawat tali pusat, yuk sebaiknya kenali dulu apa sebenarnya tali pusat itu.

Apakah tali pusat itu?

Tali pusat dalam istilah medisnya disebut dengan umbilical cord. Merupakan saluran kehidupan bagi janin selama ia di dalam kandungan. Sebab semasa dalam rahim, tali inilah yang menyalurkan oksigen dan makanan dari plasenta ke janin yang berada di dalamnya. Begitu janin dilahirkan, ia tidak lagi membutuhkan oksigen dari ibunya, karena bayi mungil ini sudah dapat bernapas sendiri melalui hidungnya. Karena sudah tak diperlukan lagi maka saluran ini harus dipotong dan dijepit atau diikat.

Nah, sisa potongan tali pusat yang menempel di perut bayi ini biasanya disebut umbilical stump. Biasanya bagian ini akan mengering kemudian menyusut dan akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu yang berbeda-beda di setiap bayi. Ada yang seminggu lepas, ada pulan setelah empat minggu baru terlepas.

Membersihkan tali pusat. Air biasa atau alkohol?

Ternyata, menurut penelitian serta rekomendasi WHO, dibandingkan dengan menggunakan alkohol, ternyata membersihkan tali pusat dengan menggunakan air dan sabun cenderung mempercepat puputnya (terlepasnya) tali pusat. Namun biasanya, jika tanpa menggunakan alkohol ada kemungkinan tali pusat mengeluarkan bau tak sedap. Kondisi inilah yang biasanyamembuat ibu cemas. Agar tak bingung, sebelum memutuskan sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter.

Cara membersihkan tali pusat
Saat memandikan bayinya, kebanyakan ibu takut dan was-was jika tali pusat bayinya akan basah dan lama keringnya. Padahal. tak masalah jika tali pusat terkena air. Berikut cara merawat tali pusat si kecil:

1. Pastikan kondisi tangan ibu benar-benar bersih. Untuk memastikan cucu sebelumnya tangan dengan menggunakan sabun.
2. Gunakan kapas bulat atau kapas bertangkai yang telah dibubuhi alkohol 70%, lalu bersihkan sisa tali pusar, terutama bagian pa ngkalnya yang menempel pada perut.
3. Saat melakukannya ibu harus benar-benar berhati-hati, apalgi jika kondisi tali pusat bayi masih berwarna merah.
4. Usahakan agar seluruh permukaan hingga ke pangkalnya tertutup perban. Kemudian lilitkan perban/kasa sedemikian rupa agar bungkusan tidak terlepas. Pastikan tidak terlalu ketat, agar bayi tidak kesakitan.

Sumber: conectique.com

Susu Segar Alami Untuk Bayi

Perkuat Si Kecil dengan Susu Segar Alami.
SLOGAN empat sehat lima sempurna yang pernah dikampanyekan pemerintah ternyata menimbulkan salah persepsi di kalangan masyarakat. Sebab, minum susu kemudian dianggap hanya sebagai pelengkap atau penyempurna menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Padahal, susu merupakan salah satu sumber zat gizi yang sangat bermanfaat bagi segala usia, terutama anak-anak.

Untuk meningkatkan tingkat konsumsi susu di Tanah Air, sejumlah produsen susu cair didukung Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) melakukan kampanye minum susu 2008. Kampanye ini akan dilakukan dalam berbagai bentuk antara lain, Kejuaraan Nasional Bulutangkis Usia Dini Tetra Pak Open 2008, Pameran Susu dan Bulutangkis di Mal Taman Anggrek Jakarta, Lomba Karya Tulis dan Kreativitas Anak, serta seminar PKK nasional.

Berbagai kegiatan kampanye minum susu itu dilakukan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat luas bahwa susu cair alami yang memiliki kandungan gizi lengkap merupakan bagian dari makanan seimbang yang bermanfaat, tidak hanya bagi anak-anak, namun juga bagi remaja, dewasa dan lanjut usia. Selain bermanfaat bagi tubuh, dengan meningkatnya konsumsi susu Indonesia, kesejahteraan peternak sapi perah dan industri susu nasional akan ikut meningkat.

Direktur Pengolahan Hasil Pertanian Departemen Pertanian Chairul Rahman memberi contoh, Bupati Sukabumi pernah membuat program susu sekolah bagi anak-anak sekolah dasar di Kota Sukabumi dengan memberi susu cair gratis tiap hari. Program ini berjalan lancar dan menyadarkan masyarakat akan manfaat susu bagi tubuh, sehingga orang tua murid berswadaya mengambil alih program pembagian susu itu. Akhirnya, Bupati Sukabumi dapat mensubsidi pembagian susu gratis di sekolah dasar lain di Sukabumi, dan kegiatan ini terus berlangsung sehingga peternak sapi perah dan industri susu di Sukabumi berkembang dengan baik.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Mediko Legal Rahmi Untoro, dalam seminar media bertema Susu Alami Untuk Semua , di Hotel Le Meridien, Selasa (27/5), Jakarta, menambahkan,"Berikan hanya ASI sampai bayi berumur enam bulan, dan teruskan pemberian ASI sampai anak berusia dua tahun. Kemudian, anak dapat minum susu alami 3-4 gelas per hari di samping makanan bergizi lainnya. Seterusnya, susu sangat baik diminum sepanjang masa untuk kesehatan.

Susu sapi atau ternak lain tanpa penambahan atau pengurangan zat gizi yang dikandungnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Susu bernilai gizi tinggi dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber zat gizi yang diperlukan manusia dari semua kelompok umur. Ada berbagai macam susu segar di antaranya sapi, kerbau, kambing, kuda, domba dan kedelai. Saat ini berbagai macam susu beredar di pasaran seperti susu penuh (whole milk), susu skim dan susu kental manis.

Rahmi menyatakan, susu sapi memberi energi 61 kilokalori per 100 mililiter, whole milk 68 Kkal/1 00 ml, dan susu skim memasok energi 35 Kkal/100 ml. Tingginya kalori dalam susu sangat cocok diberikan pada orang yang kebutuhan energinya tinggi atau meningkat terutama ibu hamil, anak, remaja dan lanjut usia. "Minum dua kali satu gelas per hari, dengan takaran 200 cc per gelas. Ini bisa memenuhi 250 kilokalori per hari atau seperenam dari kebutuhan remaja," ujarnya.

Susu merupakan salah satu sumber karbohidrat. Laktosa sebagai bentuk karbohidrat dalam susu. Gula laktosa kurang manis sehingga kurang merusak gigi. Rahmi menganjurkan agar masyarakat minum susu tanpa gula untuk mengurangi risiko diabetes. Intoleransi laktosa dengan gejala diare bisa terjadi karena kurangnya enzim laktose, hal ini umumnya terjadi pada anak yang tidak mendapat ASI.

Dalam susu, kita bisa memperoleh protein yang penting untuk pertumbuhan, mengganti bagian rusak, memproduksi hormon dan enzim dalam tubuh. Protein susu mempunyai nilai biologi tinggi yang memberi asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh. Sebagian besar protein susu adalah casein dan 20 persen whey yang terdiri dari albumin dan globin, ini penting untuk kekebalan tubuh.

Selain itu, susu juga mengandung lemak sebagai sumber vitamin larut lemak yaitu vitamin E, vitamin A dan D, sumber lemak esensial serta hormon. Rahmi menambahkan, susu merupakan sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik, sehingga penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Susu juga sumber magnesium yang penting untuk pembentukan tulang, protein dan fungsi saraf, zinc mineral untuk pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Meski mengandung nilai gizi tinggi, susu mudah sekali mengalami kerusakan karena cemaran mikroba. Dalam suhu kamar, susu hanya bertahan maksimal empat jam setelah pemerahan. Kerusakan juga bisa terjadi karena proses pemerahan tidak bersih dan wadah yang tercemar. Agar bisa tahan lama, susu diolah dulu dengan cara didinginkan, dipanaskan, dipasteurisasi atau disterilkan. "Dengan teknologi tinggi, susu segar dapat dibuat bermacam-macam bentuk, dan telah difortifikasi," ujarnya.

Evy Rachmawati
Source : kompas.com

Kenapa Anak Minta Maaf


Biasakan Anak Minta Maaf, Mengapa?.
NOUVAL tiba-tiba nyelonong masuk ke ruang tamu sambil membawa mainan mobil-mobilan yang besar. Ia ingin menunjukkan pada mamanya kalau lampu mobil-mobilannya tidak bisa menyala. Tanpa disadari mobil-mobilan yang dipegangnya menyenggol gelas yang sedang dipegang Tante Irma, teman mamanya.

"Ah...," Tante Irma terpekik kaget saat melihat sirop merah membasahi bajunya. "Aduh maaf ya, maaf...." seru Rani, sang mama, sambil sibuk mengambil tisu untuk mengelap tumpahan sirop. "Nouval, ayo minta maaf sama Tante Irma," pinta Rani pada putranya yang berusia 2;8 tahun itu. Nouval hanya menatap sekilas sambil berlalu masuk ke ruang dalam. Aduh, malu-maluin saja, batin Reni.

Sudah berulang kali Nouval disuruh minta maaf saat melakukan kesalahan, tapi selalu responsnya hanya melihat sekilas sambil berlalu. Seakan-akan ia tidak bersalah sama sekali. Apa iya anak ini tidak menyadari kesalahannya?

Minta maaf atau menyesal terlalu rumit dilakukan batita, karena menurut Grady, MC, NCC., pakar konseling anak, di usia batita anak sedang berada pada fase egosentris dan belum mampu melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain. Baginya selama sesuatu tidak membuatnya kecewa, tidak mengusik barang-barang yang sedang digunakannya, berarti tidak ada masalah. Jadi kalaupun ia menumpahkan sirop ke baju tamu mamanya, merusakkan mainan, membuat adiknya menangis, itu bukan masalah.

BIASAKAN DULU

Tentu saja hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja, anak tetap harus diajarkan minta maaf, "Terlepas dari mengerti atau tidak, anak tetap harus dibiasakan untuk minta maaf saat melakukan kesalahan. Yang penting pembiasaannya dulu, seiring dengan bertambahnya usia, ia akan mengerti konsep maaf," kata Anna Surti Ariani, Psi., yang berpraktik di beberapa tempat konseling psikologi di Jakarta.

Pembiasaan ini penting agar anak kelak memperoleh manfaatnya, antara lain:

Mengeluarkan diri dari rasa bersalah
Pada prinsipnya minta maaf adalah cara seseorang mengeluarkan diri dari rasa bersalah. Dengan meminta maaf diharapkan seseorang menyadari kesalahan dan muncul tekad untuk tidak mengulanginya lagi. Meski konsep ini masih sulit dipahami batita, tapi seiring dengan bertambahnya usia ia akan mengerti.

Melepas ketegangan
Bagaimanapun suasana menjadi tidak nyaman saat ada seseorang melakukan kesalahan. Umpamanya, Nouval yang menumpahkan sirop ke baju tamu, sejenak pasti muncul ketegangan, si tamu terpekik kaget, sang mama sibuk mengambil tisu dan tergopoh-gopoh minta maaf. Meski mungkin belum mengerti tapi anak tetap bisa merasakan ketegangan suasana. Nah, dengan minta maaf, segalanya bisa cair kembali. Anak pun akan mengamati, mamanya yang tadi cemberut setelah mendengar ia mengucapkan, "maaf," bisa tersenyum kembali.

Memperbaiki hubungan dengan orang yang tersakiti
Dengan minta maaf anak mempunyai "pintu" untuk memperbaiki hubungannya dengan orang yang tersakiti. Contoh, ia tak sengaja merusak mainan temannya, setelah minta maaf sang teman mau bermain lagi dengannya.

Marfuah Panji Astuti
Source : Kompas.com

Menjaga Kesehatan Vagina Dengan Susu

Siapa yang tak mendambakan tubuh yang sehat dan wangi? Semua orang pasti mendambakan tubuhnya wangi semerbak bak bunga. Hal ini juga berlaku bagi area intim perempuan. Area intim yang sehat dan wangi tak hanya membahagiakan pasangan, namun juga dapat mendongkrak rasa percaya diri pribadi yang bersangkutan.

Banyak cara dilakukan untuk membuat area intim tetap dalam kondisi prima. Ada yang melakukan ratus, mencuci dengan air sirih atau rajin membasuhnya dengan cairan antiseptik. Benarkah langkah itu?

Tunggu dulu. Teryata pemakaian air rebusan daun sirih atau cairan antiseptik untuk area intim perempuan tidak disarankan. Kenapa? Pasalnya keduanya bersifat bakterisid alias mematikan semua mikroba, tanpa memandang itu bakteri baik (flora normal vagina) atau bakteri patogen (bersifat merugikan). Jika hal ini berlangsung terus-menerus, bukan kondisi sehat yang didapatkan area intim kita, tapi malah sebaliknya, bisa terjadi infeksi. Ih, nggak mau, kan?

Menurut Dr. Junita Indarti SpOG, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari RS Cipto Mangunkusumo/FKUI mengungkapkan infeksi vagina terjadi karena terganggunya keseimbangan ekosistem di area tersebut. Ekosistem vagina sendiri, lanjut dr. Junita, adalah lingkaran kehidupan yang terdapat pada vagina, dipengaruhi oleh dua unsur utama yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus (bakteri baik). “Jika keseimbangan ekosistem ini terganggu, bakteri Lactobacillus akan mati dan bakteri patogen tumbuh.

Mekanisme alami yang ada menjadi terganggu sehingga tubuh rentan terhadap infeksi,” ujar dr. Junita. Banyak faktor yang menjadi penyebab ketidakseimbangan ekosistem vagina, yaitu kontrasepsi oral, penyakit diabetes mellitus (kencing manis), pemakaian antibiotik, darah haid, cairan mani, penyemprotan cairan ke dalam vagina (douching) dan gangguan hormonal (pubertas, menopause atau kehamilan).

Maka, menjaga keseimbangan ekosistem vagina adalah cara paling alamiah dan efektif dalam merawat kesehatan vagina serta mencegah timbulnya infeksi. Bagaimana caranya? Sebaiknya Anda simak yang ini: Sebuah uji klinis yang dilakukan di poliklinik Sitologi RSCM membuktikan manfaat ekstrak susu bagi kesehatan vagina. Susu? Pernahkah hal itu terlintas di benak Anda?

Ternyata, susu mengandung zat aktif yang diesktrak menjadi asam laktat dan laktoserum yang secara klinis terbukti mengurangi keluhan gatal, rasa terbakar dan keputihan pada vagina. “Penelitian kami terhadap 71 kasus fluor albus (keputihan) dengan keluhan rasa gatal, terbakar dan keputihan menunjukkan pengurangan rasa gatal sebesar 86,1%, pengurangan rasa terbakar 87,5% dan pengurangan keputihan 81,1% setelah pasien dirawat dengan pemberian larutan asam laktat dan laktoserum dua kali sehari selama dua minggu,”papar dr. Junita.

Dari hasil uji klinis disimpulkan bahwa asam laktat dan laktoserum bermanfaat mengurangi keluhan karena keputihan =
dan menghambat pertumbuhan jamur (kandida) dan dermatofit (kapang). Jadi bagaimana agar mendapatkan ekstrak susu berupa asam laktat dan laktoserum, apakah harus melakukan fermentasi dulu? wah, tak perlu harus seribet itu. Kalau ingin hasil ‘jadi’ dan tinggal pakai sudah ada Lactacyd yang dijual bebas di pasaran.

Menurut dr. Diana Komara, Medical Advisor Lactacyd, cairan pembersih Lactacyd berbeda dengan pembersih kewanitaan yang selama ini ada, bukan pula antibiotik biasa, sehingga tidak membunuh flora normal vagina, melainkan justru meningkatkan pertumbuhannya karena menyediakan makanan bagi bakteri baik tersebut.

“Selain itu dengan menjaga tingkat keasaman normal pH 3,8-4,2, Lactacyd mencegah pertumbuhan organisme patogen yang dapat menyebabkan keluhan gatal dan bau tak sedap,” tandas dr. Diana.

Kecerdasan Anak Obesitas

Salah satu faktor, hal yang mempengaruhi kecerdasan anak :
Obesitas berlebihan pada anak biasanya akan menyebabkan tingkat kecerdasan anak menurun.
Pada kondisi tersebut, umumnya kreativitas anak akan menurun. Bahkan anak yang kegemukan pada waktu tidur akan mengalami gangguan bernafas. Ketika tidur ada gelombang pernafasan yang berhenti. Disamping juga faktor gen dan bawaan obesitas pada anak disebabkan asupan makanan yang berlebih. Selain itu, pada waktu lahir anak tidak dibiasakan mengonsumsi air susu ibu (ASI), tetapi dibiasakan pakai susu formula dalam botol. Padahal asupan anak yang diberi ASI biasanya mencukupi ketentuan berat badan bayi.

Anak yang biasa mengkonsumsi susu dalam botol biasanya tidak dapat menghitung jumlah asupan makanan pada anak. Bahkan orang tua cendrerung memberikan anak dengan susu yang kental sehingga melebihi porsi yang dibutuhkan anak.

Ini yang menyebabkna anak pada usia 4-5 tahun mengalami kelebihan berat badan, karena makanan yang diberikan sebelumnya tidak memperhatikan takaran kebutuhan anak, sehingga terjadi penimbunan makanan yang berbentuk lemak.

Anak yang mengalami obesitas bisa dideteksi secara dini. Bahkan ketika ibunya sedang hamil bisa diketahui melalui berat badan normal rata-rata andtara 7-14 kilo gram. Kalau melebihi 14 kilo gram bisa dikatakan sebagai obesitas.

Karena itu, aktivitas anak diberikan porsi yang lebih banyak, dengan mengajak bermain-main dan berolahraga. Dan juga menjaga konsumsi makanan dan mengikuti pola makan yang sehat.

Manfaat Air Susu Ibu Asi

Satu lagi manfaat Air susu ibu berhasil ditemukan. Sebuah penelitian membuktikan, air susu ibu dapat menghilangkan stress pada anak.

Tak hanya mempercepat turunnya berat badan ibu setelah melahirkan serta menambah daya tahan tubuh anak. Air susu ibu atau ASI juga dapat mempengaruhi mental anak.

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti asal Inggris terhadap 9000 anak yang berumur 5-10 tahun. Dikutip detikhot dari health24, Senin (11/8/2008), dari penelitian ditemukan anak-anak yang tidak mendapatkan ASI serta berasal dari orang tua yang bercerai atau berpisah memiliki risiko mengalami kecemasan yang berlebihan 9.4 kali lebih banyak dari anak-anak yang lain.

Sedangkan anak-anak dari orang tua yang berpisah atau bercerai namun mengkonsumsi ASI saat bayi hanya memiliki risiko mengalami kecemasan yang berlebihan sebanyak 2.2 kali dibanding anak-anak yang lain.

Selain kandungan pada ASI yang dapat mempengaruhi anak secara hormonal, sentuhan sang ibu terhadap anaknya saat menyusui serta kontak mata mereka yang ternyata sangat berpengaruh terhadap psikologis anak dan perkembangannya.

Saat menyusui, secara tidak langsung sang ibu mengajarkan anak bagaimana cara mengatasi tekanan serta masa-masa yang sulit, dan mensupport anak tersebut dengan interaksi-interaksi yang berlangsung selama menyusui.

Jadi jangan ragu untuk memberi ASI ekslusif bagi buah hati tercinta!
(kee/kee)

Sumber: detikcom

Sering Mengompol Di Tempat Tidur

Sebulan lalu, ayah saya yang ber­­usia 71 tahun dirawat di ru­mah sa­kit seminggu. Beliau men­de­rita in­feksi saluran kemih cu­kup berat.

Demam tak seberapa, tetapi ke­sadaran beliau menurun. Be­liau tak dapat makan dan minum de­ngan baik serta mengompol di tem­pat tidur.

Karena khawatir, ayah terpaksa di­rawat di rumah sakit. Dokter men­jelaskan, ayah terkena infeksi sa­luran kemih akut yang cukup be­rat.

Untuk terapi diperlukan anti­bio­tik cukup kuat. Untunglah, kea­­da­an beliau membaik setelah lima ha­ri dan setelah seminggu di­ra­wat beliau sudah dapat pu­lang.

Sebelum pulang, dokter juga men­­jelaskan, faktor pencetus in­fek­si saluran kemih ayah adalah pem­besaran kelenjar prostat. Me­mang benar belakangan ini beliau mengeluh bila berkemih tidak puas dan dalam waktu sebentar saja sudah ingin berkemih lagi.

Pembesaran kelenjar prostat ini be­lum dapat ditentukan, apakah pem­­besaran biasa ataukah kan­ker. Untuk itu, Ayah dianjurkan men­jalani pemeriksaan lanjutan laboratorium dan USG.

Menurut dokter, evaluasi ke­len­­jar prostat perlu dilakukan ka­rena dapat terjadi infeksi saluran kemih berulang jika kelenjar prostat tidak di­terapi.

Apakah pembesaran kelenjar pros­tat sering terjadi pada orang usia lanjut dan apakah kemung­ki­nan terjadinya kanker prostat cu­kup besar? Apakah kelenjar pros­tat yang membesar perlu di­operasi agar tidak terjadi infeksi saluran kemih berulang?

Kelenjar prostat terletak di ba­wah kandung kemih dan sekitar sa­luran uretra (saluran yang meng­hubungkan kandung kemih ke luar).

Pembengkakan kelenjar pros­tat dapat menekan saluran uretra sehingga pengeluaran air kemih tak berjalan dengan sempurna.

Setelah mengedan akan keluar se­jumlah air kemih (urine) dari kan­dung kemih, tetapi karena sa­lu­ran uretra tertekan, masih ter­si­sa jumlah urine yang cukup ba­nyak sehingga merangsang pe­ra­sa­an ingin berkemih lagi.

Penekanan pada uretra yang me­nyisakan urine dalam jumlah ba­nyak dan kandung kemih ini juga berisiko menimbulkan in­fek­si pada kandung kemih.

Infeksi ini juga dapat menjalar ke atas, yaitu ke ureter bahkan sam­pai ke ginjal.Pembengkakan ke­lenjar prostat dapat disebabkan oleh radang (prostatitis), hiper­pla­si, dan kanker.

Radang dapat menyebabkan pem­bengkakan prostat, tetapi jika ra­dang teratasi maka pem­beng­ka­kan juga akan hilang.

Pada hiperplasi prostat (dalam isti­l­ah kedokteran disebut benign pros­tatic hyperplasia, disingkat BPH) terjadi pembengkakan pros­­tat yang sejalan dengan umur.

Biasanya pembengkakan ter­ja­di setelah pria berusia 50 tahun. Pe­nyebab pembengkakan belum jelas, tetapi diduga disebabkan per­ubahan hormon.

Namun BPH biasanya dimulai dengan obat. Jika terapi dengan obat ini tidak berhasil dapat di­per­tim­bangkan operasi.

Kanker prostat memang meru­pa­kan kanker yang termasuk se­ring dijumpai pada laki-laki. Un­tuk menegakkan diagnosis dila­ku­kan pe­meriksaan colok dubur dan pemeriksaan laboratorium, yaitu kadar PSA.

Pemeriksaan ini jika diper­lu­kan akan dilengkapi USG. Jika ter­­da­pat kecurigaan, biasanya akan di­la­kukan biopsi. Pilihan te­rapi kan­ker prostat disesuaikan dengan stadium.

Pilihan tersebut dapat berupa ope­rasi, terapi radiasi, dan terapi hor­mon. Sekalipun begitu, pem­beng­kakan kelenjar prostat tak se­lalu disebabkan kanker.

Pembengkakan kelenjar prostat dapat juga disebabkan BPH dan prostatitis.

Jika terjadi infeksi saluran ke­mih berulang memang biasanya da­pat diatasi dengan antibiotik. Per­lu diingat, pada usia lanjut ma­nifestasi infeksi tidak sama de­ngan orang muda (misalnya, de­mam tak selalu timbul) dan per­jalanan penyakit juga akan ber­be­da. rm

Susu Mahal Utamakan Saja ASI

PASCA maraknya penemuan susu produk China yang mengandung melamin beberapa waktu lalu, harga susu kemasan di pasar kini naik sekitar 20 persen. Menyikapi hal ini, para ibu menyusui dihimbau untuk mengoptimalkan pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi mereka daripada mengganti asupan bayi dengan makanan lain yang belum jelas kandungan gizinya

Demikian dikatakan Luhur Ngudi Setnaningrum ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Haji Surabaya, Selasa (14/10) di Surabaya. Anak berusia nol hingga dua tahun wajib mendapatkan susu. "Pemenuhan kebutuhan ini sangat penting karena susu mengandung prote in, kalsium, dan zat besi yang tinggi," tuturnya.

Menurut Luhur, pemberian ASI secara eksklusif pada anak berusia di bawah enam bulan adalah kewajiban mutlak. Sedangkan, makanan tambahan baru dapat diberikan setelah anak berusia enam bulan. Di saat harga susu kemasan tinggi, para ibu sebaiknya mengutamakan pemberian ASI pada bayi mereka karena tak ada susu formula apapun yang mampu menggantikannya, kata Luhur.

Mengatasi Susah Makan pada Anak

Apakah anak-anak anda mengalami susah atau tidak nafsu makan? Hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diatasi namun sebagai ibu pintar maka hal tersebut haruslah disiasati. Faktor susah makan terjadi sekitar 25% pada usia anak dan jumlahnya akan meningkat sekitar 40-70% pada anak yang lahir prematur atau anak dengan penyakit kronik. Beberapa hal yang dapat menyebabkan susah makan pada anak seperti faktor organik meliputi gangguan pada rongga mulut (bibir, gusi, lidah, gigi), usus dan organ-organ pencernaan lainnya, faktor nutrisi meliputi pengetahuan ibu tentang jenis dan jumlah makanan yang sesuai dengan usia anak, dan faktor psikologis seperti kebiasaan memaksakan jenis makanan yang tidak disukai anak dapat membuat anak menjadi anti makan.

Apa akibat dari susah makan pada anak? Akibatnya adalah kurangnya asupan zat gizi pada tubuh anak yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik (berat dan tinggi badan) dan juga gangguan pada perkembangan otaknya. Perlu diketahui, sel otak terbentuk sejak trimester pertama kehamilan, dan berkembang pesat sejak dalam rahim ibu. Perkembangan ini akan berlanjut saat setelah lahir hingga usia 2 – 3 tahun. Kekurangan gizi pada usia anak sejak lahir hingga 3 tahun akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel glia dan proses mielinisasi ( proses pembentukan selubung saraf otak ). Sehingga kekurangan gizi saat usia kehamilan dan usia anak sangat berpengaruh terhadap kualitas otaknya.

Gizi kurang pada usia di bawah 2 tahun akan menyebabkan sel otak berkurang 15-20%, sehingga anak yang demikian kelak kemudian hari akan menjadi manusia dengan kualitas otak sekitar 80-85%. Anak yang demikian tentunya bila harus bersaing dengan anak lain yang berkualitas otak 100% akan menemui banyak hambatan. Disinilah peran orangtua sangat penting, dimana pada usia - usia inilah anak sering mengalami sulit makan, sementara gizi yang diperlukan sedang banyak - banyaknya.

Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi susah makan pada anak :

Berikanlah makanan anak sesuai dengan usia dan perkembangannya.
Variasikan menu, perubahan rasa, keragaman dan penyajian yang menarik diperlukan agar anak tidak cepat bosan.
Lebih baik memberi makanan yang padat gizi dan berenergi tinggi dalam porsi kecil dari pada cemilan yang akan mengganggu timbulnya rasa lapar, sehingga kecukupan energi dan nutrisi anak terpenuhi.
Biasakan makan teratur dan beri makanan pada anak sewaktu merasa lapar.
Ciptakan suasana yang menyenangkan dan buatlah acara makan menjadi saat yang menggembirakan buat anak.
Berikan suplemen vitamin dan mineral untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak anda.

Source : sakafarma.com

Mengapa Harus Caesar

Operasi Caesar dapat dilaksanakan bila ibu sudah tidak dapat melahirkan melalui proses alami. Operasi dilakukan dengan tujuan agar keselamatan ibu dan bayi dapat tertangani dengan baik. Oleh karena itu banyak dokter yang percaya, melakukan operasi caesar akan selamat seperti proses melahirkan secara normal. Walaupun demikian, operasi ini tetap memiliki beberapa risiko. Apalagi bila ibu telah mengalami beberapa kali operasi ini pada proses kelahiran sebelumnya.

Kenapa Harus CaesarSebelum menjalani operasi, pemeriksaan latar belakang persalinan menjadi hal penting. Bila alasan tak jelas dan proses melahirkan secara normal dapat dilakukan, maka lebih baik ibu melahirkan lewat proses normal. Sebelum melakukan caesar, Anda harus rajin konsultasi pada dokter untuk mengurangi kekhawatiran dan rasa takut melahirkan dengan operasi caesar.

Bila Anda ingin proses persalinan lewat operasi alasannya sungguh harus penting. Bila tidak, permintaan Anda untuk itu akan ditolak. Walaupun demikian, Anda dapat mengusahakan pada pihak yang lain, tapi tetap saja, semua pihak menginginkan latar belakang yang jelas. Hal ini dimaksudkan untuk keselamatan ibu dan bayi.

Operasi caesar atau seksio sesarea adalah melahirkan janin melalui sayatan dinding perut (abdomen) dan dinding rahim (uterus). Namun, terminologi asli seksio sesarea sudah diperdebatkan sejak 200 tahun lalu. Berdasarkan sejarahnya, operasi ini salah satunya dikemukakan Rousset pada 1581 lewat bukunya tentang persalinan dengan bedah caesar berjudul Trainte, Nouveau Day Lhysterotomotokie ou Lenfantement Cesarien. Diikuti Jacques Guillimeau yang menyebut tipe melahirkan sections pada 1598. Kombinasi dari kedua istilah itulah yang kini dikenal sebagai cesarean section.

Seksio sesarea (operasi caesar) berkembang sejak akhir abad ke-19 sampai tiga dekade terakhir abad ke-20. Selama periode itu sudah terjadi penurunan angka kematian ibu dari 100 persen menjadi 2 persen. Selain itu ada tiga perkembangan penting dari tehnik operasi. Pertama, perkembangan metode penjahitan rahim dengan benang untuk menghentikan pendarahan. Kedua, perkembangan dari cara tindakan yang aseptik. Ketiga, perubahan dari insisi/sayatan pada rahim dari cara klasik menjadi sayatan melintang pada segmen bawah rahim (uterus).

Pada beberapa penelitian, angka kesakitan dan kematian ibu pada tindakan operasi caesar lebih tinggi dibandingkan persalinan normal. Dari hasil penelitian Bensons dan Pernolls, angka kematian pada operasi caesar adalah 40-80 tiap 100.000 kelahiran hidup. Angka ini menunjukkan risiko 25 kali lebih besar dibanding persalinan normal. Malah untuk kasus infeksi mempunyai angka 80 kali lebih tinggi dibandingkan persalinan per vagina. Komplikasi tindakan anestesi sekitar 10 persen dari seluruh angka kematian ibu.

Beberapa kerugian dari operasi Caesar, yaitu adanya komplikasi lain yang dapat terjadi saat tindakan operasi caesar dengan frekuensi di atas 11 persen, antara lain cedera kandung kemih, cedera rahim, cedera pada pembuluh darah, cedera pada usus, dan dapat pula cedera pada bayi. Pada operasi caesar yang direncanakan angka komplikasinya kurang lebih 4,2 persen. Sedangkan operasi caesar darurat berangka kurang lebih 19 persen.

Setiap tindakan operasi caesar punya tingkat kesulitan berbeda-beda. Komplikasi lain yang dapat terjadi sesaat setelah operasi caesar adalah infeksi yang banyak disebut sebagai morbiditas pascaoperasi. Kurang lebih 90% dari morbiditas pascaoperasi disebabkan oleh infeksi (infeksi pada rahim/endometritis, alat-alat berkemih, usus, dan luka operasi).

Adapun tanda-tanda infeksi antara lain demam tinggi, perut nyeri, kadang-kadang disertai lokia berbau, nyeri bila buang air kecil, luka operasi bernanah, luka operasi terbuka dan sepsis (infeksi yang sangat berat). Bila mencapai keadaan sepsis, risiko kematian ibu akan tinggi sekali.

Hal-hal yang memudahkan terjadinya (faktor predisposisi) komplikasi antara lain persalinan dengan ketuban pecah lama, ibu menderita anemia, hipertensi, sangat gemuk, gizi buruk, sudah menderita infeksi saat persalinan, dan adanya penyakit lain, seperti diabetes mellitus. Antibiotik profilaksis dapat menurunkan terjadinya risiko infeksi pada operasi.

Tidak hanya pada ibu, bayi juga akan mengalami risiko sama, antara lain kematian atau kesakitan pada bayi baru lahir dengan operasi Caesar. Hal tersebut bergantung pada faktor yang mendasari alasan tindakan operasi. (Dini Safitri)

Sumber: Majalah Inspire Kids

Cara Ingin Bayi Laki-laki

DIET para wanita khususnya pada masa kehamilan diyakini dapat mempengaruhi jenis kelamin bayi. Sebuah riset terbaru mengindikasikan, diet tinggi kalori serta kebiasaan sarapan secara teratur dapat memperbesar peluang seorang ibu melahirkan bayi laki-laki.

sarapan pagiSeperti dilaporkan dalam Royal Society journal of Biological Sciences, para peneliti dari Universitas Exeter dan Oxford di Inggris
mengindikasikan bahwa tren kehidupan modern yang memilih diet rendah kalori mungkin bisa menjadi penyebab terus menurunnya proporsi bayi laki-laki di banyak negara.

Dalam risetnya, para ahli melibatkan 740 wanita Inggris yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Partisipan diminta memberi informasi mengenai kebiasaan makan sebelum dan setelah memasuki masa kehamilan. Hasil riset menunjukkan, 56 persen perempuan dengan asupan kalori tertinggi di sekitar masa kehamilan melahirkan bayi laki-laki. Sementara itu, 45 persen wanita lainnya tercatat memiliki asupan kalori terendah.

Wanita yang melahirkan bayi laki-laki juga cenderung memakan jumlah atau kuantitas lebih tinggi serta varian yang lebih banyak dari jenis nutrisi seperti potasium, kalsium, vitamin C, E dan B 12. Mereka pun suka mengonsumsi sereal ketika sarapan pagi.

Dalam 40 tahun terakhir, penelitian mencatat adanya penurunan konsisten - meski jumlahnya kecil - proporsi bayi laki-laki dari sekitar 1000 kelahiran khususnya di negara-negara industri.

Penelitian sebelumnya pun mengindikasikan penurunan rata-rata asupan kalori di negara-negara maju serta adanya bukti bahwa kini banyak orang yang menunda atau melupakan sarapan.

Para ahli pun telah mengetahui, pada banyak spesies binatang misalnya kuda atau sapi, anak-anak berkelamin jantan akan lebih banyak dilahirkan ketika sang induk tercukupi makanannya.

Penjelasan dari fenomena ini, menurut peneliti, adalah banyak tergantung pergerakan evolusi kehidupa untuk menghasilkan keturunan.

¨Secara potensi, laki-laki pada banyak spesies bisa menjadi bapak dari banyak keturunannya dari pada perempuan. Namun ini juga dapat dipengaruhi secara kuat oleh ukuran atau status sosial dari perempuan, di mana buruknya kualitas laki-laki gagal menghasilkan anak sama sekali,¨ terang salah seorang peneliti Dr. Fiona Mathews.

¨Di lain pihak, wanita bisa bereproduksi secara konsisten. Jika seorang ibu memiliki makanan banyak, itu bisa berarti suatu investasi dalam menghasilkan bayi laki-laki sebab si anak ini nanti cenderung akan menghasilkan lebih banyak cucu ketimbang bila bayi ini seorang perempuan.

Sementara itu dalam riset tentang bayi tabung pernah mengungkapkan bahwa kadar tinggi glukosa dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan embrio laki-laki selain juga mencegah pembentukan embrio perempuan.

Pada manusia, menunda sarapan dapat menekan asupan glukosa dan oleh sebab itu dapat diinterpretasikan oleh tubuh sebagai buruknya kondisi lingkungan dan rendahnya persediaan makanan.

AC
Sumber : BBC / kompas.com

Kembang Tahu Perangsang ASI

KEMBANG tahu tinggi kadar proteinnya. Rumah sakit memanfaatkannya untuk pemulih kesehatan pasien. Makanan ini juga dianjurkan bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi, serta konon merangsang ASI sehingga sangat baik bagi ibu hamil dan baru melahirkan.

Tahu merupakan gumpalan protein dari susu kedelai yang telah dipisahkan dengan air tahu (whey) dengan cara pengepresan. Sebaliknya, kembang tahu merupakan lapisan tipis yang terbentuk di permukaan susu kedelai yang dipanaskan. Mungkin karena mengapung-apung di permukaan susu kedelai, maka disebut sebagai kembang tahu.

Di Indonesia, kembang tahu dipakai sebagai campuran sup ayam, sup buntut, kimlo, capcay, dan bihun goreng. Bentuknya yang tipis dan kering memungkinkan kembang tahu disimpan lama tanpa memerlukan lemari pendingin. Produk tersebut mudah ditemukan di berbagai warung dan pedagang sayur keliling.

Jenis kembang tahu
Pernahkah Anda memperhatikan terbentuknya lapisan tipis yang mengapung di permukaan segelas susu sapi panas yang didiamkan mendingin pada suhu kamar? Lapisan tersebut merupakan gumpalan protein dan lemak yang lama-kelamaan akan menebal sehingga dengan mudah dapat diangkat. Jika dicicipi akan terasa lezat, halus, dan agak liat.

Hal yang sama juga akan terjadi jika susu kedelai dipanaskan. Lapisan tipis dari permukaan susu yang telah dipanaskan tersebut di Jepang dinamakan yuba, sedangkan di Indonesia lebih populer disebut kembang tahu. Selain dari kacang kedelai, kembang tahu juga dapat dibuat dari kacang-kacangan lainnya, seperti kacang hijau, kacang gude, kacang jogo, koro benguk, dan lain-lain.

Secara umum, kembang tahu dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu kembang tahu segar, setengah kering, dan kering. Di Jepang, kembang tahu segar disebut nama yuba. Ciri-ciri kembang tahu segar yang baik adalah warna krem kekuning-kuningan, tekstur lembut, ringan, rasa sedikit manis, dan enak rasanya.

Sayangnya, kembang tahu segar ini tidak tahan disimpan lama, yaitu hanya mampu bertahan 2-4 hari pada suhu kamar atau 3-5 hari pada lemari es. Untuk mencegah serangan jamur, kembang tahu basah biasanya dibungkus dengan plastik atau karton kedap udara.

Kembang tahu setengah kering, yang disebut juga nama gawaki atau han gawaki, merupakan kembang tahu segar yang telah dikeringkan sampai kadar air tertentu, tetapi belum sampai rapuh. Kembang tahu jenis ini umumnya dibungkus plastik atau karton dan disimpan pada ruangan biasa.

Jenis ketiga adalah kembang tahu kering yang disebut kanso hashi yuba, merupakan jenis yang paling populer dan paling umum dipasarkan. Kembang tahu ini dibuat dengan cara mengeringkan kembang tahu basah hingga kadar air yang sangat rendah sehingga teksturnya menjadi sangat rapuh.

Karena kadar airnya yang sangat rendah, jenis ini dapat disimpan lama pada suhu kamar. Ada lima bentuk utama dari kembang tahu jenis ini, yaitu lembaran, spiral, rol panjang, rol pendek, dan oharagi. Kembang tahu kering ini dapat disimpan selama 4-6 bulan pada ruangan berpendingin atau kotak kedap udara.

Cara pembuatan
Kembang tahu dapat dibuat, baik dalam skala kecil (tradisional) maupun skala besar (pabrik modern). Di Indonesia umumnya pembuatan kembang tahu masih dilakukan secara tradisional. Selain di Jepang, proses pembuatan kembang tahu secara modern dan besar-besaran antara lain telah dikembangkan di Taiwan dan Hong Kong sejak tahun 1973.

Bahan baku utama dalam pembuatan kembang tahu adalah kedelai dan air. Peralatan yang dibutuhkan adalah wadah perendam kedelai, penggiling kedelai, kain saring, panci, dan wadah pemanas susu kedelai. Proses pembuatannya dibagi ke dalam dua tahapan utama, yaitu pembuatan susu kedelai dan pembuatan lapisan tipis.

Pembuatan susu kedelai
a. Biji kedelai kering dibersihkan dari kotoran, kerikil, pasir, potongan ranting, dan batang kedelai. Biji rusak, hitam, dan berkapang harus dibuang. Setelah itu, biji dicuci sampai bersih. Kotoran dan biji yang mengapung harus dibuang. Pencucian dilakukan sampai air bilasan tampak jernih.

b. Biji yang telah dicuci bersih selanjutnya direndam di dalam air selama 8 jam. Air diganti-ganti setiap 2-3 jam. Setelah itu kedelai ditiriskan.

c. Kedelai dimasukkan ke dalam air mendidih. Besar api diatur agar suhu bertahan 85-90 derajat Celsius. Perendaman dalam air panas ini dilakukan selama 10 menit. Setelah itu kedelai diangkat dan didinginkan dengan air mengalir, kemudian ditiriskan.

d. Siapkan air panas dengan suhu sekitar 90 derajat Celsius sebanyak enam kali berat kedelai kering yang akan diolah. Suhu air ini dipertahankan selama pekerjaan berlangsung. Ke dalam air panas ini ditambahkan bubuk kalsium karbonat sebanyak 0,5 gram untuk setiap liter air panas.

e. Biji kedelai dihaluskan dengan blender atau digiling dengan mesin penggiling sampai menjadi bubur kedelai. Penggilingan dilakukan sambil ditambahkan campuran air panas-kalsium karbonat. Jika air panas yang disediakan tidak habis untuk menggiling kedelai, sisa air dicampurkan dengan bubur kedelai, kemudian diaduk-aduk selama tiga menit.

f. Bubur kedelai disaring dan diperas dengan kain saring rangkap dua. Cairan yang diperoleh disebut sebagai susu kedelai mentah.

Pembuatan lapisan tipis
a. Susu kedelai mentah dimasukkan ke dalam wadah pemanas yang dangkal, tetapi luas permukaannya (seperti nampan) atau dapat juga dengan panci. Susu dipanaskan sampai suhu 90 derajat Celsius sambil diaduk-aduk. Busa yang terbentuk dibuang. Ketika suhu telah mencapai 90 derajat Celsius, susu tidak boleh lagi diaduk.

b. Lapisan tipis akan terbentuk di permukaan cairan. Setelah merata di seluruh permukaan susu, lapisan tersebut diambil menggunakan lidi tebal atau bilah bambu. Setelah lapisan pertama diangkat, akan segera terbentuk lapisan kedua. Demikian seterusnya. Proses tersebut dapat diulang sekitar delapan kali atau sampai tidak terbentuk lapisan lagi.

c. Lapisan tipis tersebut selanjutnya dijemur hingga kering dengan cara menggantungnya bersama dengan lidi atau bambu yang digunakan dalam proses pengangkatan tadi. Dari satu kilogram kedelai rata-rata akan dihasilkan sekitar 0,40-0,55 kilogram kembang tahu kering.

d. Kembang tahu yang telah kering dapat dikemas di dalam kantong atau kotak plastik untuk melindunginya dari udara dan uap air. Kondisinya yang kering menyebabkan mudah menyerap uap air sehingga lama-kelamaan menjadi berjamur dan rusak.

Dianjurkan untuk Ibu Hamil dan Melahirkan
Sesuai dengan jenis bahan bakunya, yaitu kedelai yang kaya protein, kandungan gizi utama dari kembang tahu adalah protein, sekitar 48,9 – 52,3 gram per 100 gram kembang tahu jenis kering. Sumbangan gizi lainnya yang cukup menonjol adalah lemak (13,8-24,1 g/100 g), energi (380 – 432 kkal/100 g), serta sejumlah mineral. Kadar mineral dicerminkan oleh kadar abu yang lumayan.

Di Jepang, kembang tahu merupakan bahan makanan yang sangat populer. Konon, kembang tahu dapat merangsang keluarnya air susu ibu (ASI) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu sebelum dan sesudah melahirkan. Kembang tahu juga umum digunakan di rumah sakit sebagai sumber protein pemulih kesehatan para pasien. Hal tersebut didukung oleh tingginya kadar protein dan daya cerna dari protein tersebut.

Seperti halnya kedelai, kembang tahu juga memiliki komposisi asam amino yang sangat baik. Asam amino yang cukup menonjol adalah lisin, yang umumnya sangat rendah pada bahan pangan lainnya.

Kembang tahu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes melitus. Kembang tahu juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk para vegetarian, yang berpantang produk-produk hewani. Tentu diperlukan kreativitas yang sangat tinggi dalam pengolahan kembang tahu menjadi berbagai makanan sehingga tidak membosankan./*

Prof. DR. Made Astawan

Rabu, 28 Oktober 2009

Ibu Hamil Tak Wajib Minum Susu

Bila kebutuhan gizi sudah terpenuhi dari makanan sehari-hari, minum susu malah bisa mengakibatkan kelebihan berat badan.

"SUDAH minum susu? Jangan sampai lupa lo, ini demi janinmu." Nasihat seperti ini rasanya tak asing lagi buat kita yang berbadan dua, seolah minum susu merupakan kewajiban. Hingga, mereka yang tak doyan susu pun akhirnya memaksakan diri meminumnya. Sampai-sampai ada lo ibu hamil yang khawatir akan perkembangan janinnya hanya gara-gara perut si ibu tak bisa menerima susu alias selalu mual-muntah setiap kali minum susu.

"Memang, ibu hamil perlu makanan tambahan. Si ibu kan bukan cuma memberi makan dirinya, tapi juga janinnya," kata dr Victor Tambunan dari bagian Gizi FKUI-RSUP Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Penambahan itu mencakup kalori, protein, kalsium, vitamin, dan mineral.

Untuk kalori, dibutuhkan sebanyak 300 kkal per hari. Kalori sangat penting untuk pembentukan energi tubuh. Sementara itu, kebutuhan protein sekitar 12 gr per hari dan berguna untuk pertumbuhan janin, plasenta, cairan amnion, jaringan uterus, hemoglobin, plasma protein, serta untuk cadangan maternal kala melahirkan dan laktasi. Suplai protein yang dianjurkan, sebagian besar hendaknya dari sumber hewani karena sumber ini menyediakan asam amino dalam kombinasi optimal.

Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin, serta peningkatan metabolisme kalsium si ibu. Ibu hamil menahan sekitar 30 gr kalsium selama kehamilan. Sebagian besar ada di tulang yang dapat dengan mudah dimobilisasi untuk pertumbuhan janin pada kehamilan lanjut.

Akan halnya vitamin, yang diperlukan per harinya: 200 mikrogram RE vitamin A; 10 mikrogram vitamin D; 10 mg vitamin E; 65 mg vitamin K; 0,2 mg tiamin; 0,2 mg riboflavin; 0,1 mg niasin; 0,3 mikrogram vitamin B12; dan 150 mg asam folat. Sedangkan mineral yang dibutuhkan per harinya: 20 mg zat besi, 5 mg seng, 400 mg kalsium, 25 mikrogram yodium, 15 mikrogram selenium.

Cukup Dua Gelas Sehari
Nah, susu yang terbuat dari susu sapi dianggap merupakan sumber nutrien yang mendekati ideal, khususnya untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, di dalam susu juga terkandung kalori dari gula susu (laktosa), vitamin dan mineral. "Jadi, bisa dibilang susu adalah makanan yang hampir sempurna, hingga bisa dijadikan alternatif untuk mencukupi kebutuhan tambahan makanan bagi ibu hamil," kata Victor.

Namun, bukan berarti ibu hamil wajib minum susu, lo. Apalagi sampai mengandalkan susu, amat tak dianjurkan. Soalnya, susu juga punya kelemahan, yaitu kurang zat besi. Padahal, zat besi pun amat penting untuk ibu hamil. "Kekurangan zat besi akan membuat si ibu mengalami anemia dan mempengaruhi kecerdasan si janin." Meski tak tertutup kemungkinan si janin sehat-sehat saja sekalipun ibunya mengalami anemia berat. Artinya, janin tak mengalami kekurangan zat besi sedikitpun. Sebab, adakalanya bayi ibarat parasit, mengisap seluruh persediaan zat si ibu hingga ibu mengalami kekurangan zat-zat tertentu tapi janinnya tak kekurangan. Namun begitu, tetap harus dipikirkan kebutuhan zat besi ini, yang bisa diperoleh dari makanan sumber lain seperti hati sapi, sayur bayam atau sayur-sayuran berdaun hijau.

Lagi pula, bila terlalu banyak minum susu membuat kita jadi tak berselera makan makanan lain. Ingat, kan, susu mengandung protein tinggi? Nah, protein lebih lama diserap oleh lambung dibanding karbohidrat atau vitamin dan mineral. Makanya, hanya dengan minum susu, kadang sudah bikin kenyang. Jadi, minum susu cukup 2 gelas sehari, pagi dan malam. Namun minumnya jangan berbarengan dengan saat makan makanan pokok, tapi harus dipisah. Misal, makan malam jam 19.00, maka susu diminum sebelum tidur sekitar jam 22.00. Begitu pula bila sarapan. Minimal, jaraknya 2-3 jam, boleh diminum sebelum atau sesudah makan.

Jika susu diminum berbarengan dengan makanan pokok, maka sayuran dan beras yang kita makan bisa mengganggu penyerapan kalsium dari susu. Padahal, salah satu yang dipentingkan dari susu adalah kalsiumnya. "Pada sayuran dan kulit ari beras ada serat yang namanya asam fitat. Asam fitat inilah yang menghambat penyerapan dari kalsium itu." Selain itu, asam fitat juga menghambat penyerapan seng dan zat besi. "Jadi, mineral juga diganggu oleh asam fitat ini." Adapun yang dimaksud asam fitat ialah asam anorganik yang ada di biji-bijian serta gandum. Asam fitat hanya berguna untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri, tapi tidak untuk manusia.

Kelebihan Berat Badan
Dampak lain, bila kebutuhan gizi sudah terpenuhi hanya dari makanan yang kita konsumsi tapi kita tetap ingin minum susu, bisa mengalami kelebihan BB. Padahal, selama kehamilan juga perlu dijaga agar pertambahan BB tak melebihi aturan, yaitu antara 12-15 kg. "Bukankah BB yang meningkat juga berarti mengundang bahaya lain lagi?" ujar Victor. Si ibu bisa mengalami keracunan kehamilan, preeklampsia, maupun diabetes. Bahkan, tubuhnya pun bisa mengalami bengkak, entah di kaki maupun perut, selain juga mengakibatkan si ibu lekas lelah dan sulit menjaga keseimbangan badan.

Jadi, bila kebutuhan gizi si ibu memang sudah terpenuhi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, ya, tak perlulah ditambah susu. Lain hal bila si ibu kekurangan gizi akibat morning sickness, misal, "tak mengapa kekurangannya itu diberikan dalam bentuk susu. Kita hitung, makanan pokok yang masuk ada berapa dan kebutuhan dia seberapa, lalu kita ambil selisihnya. Tentunya kebutuhan per individu ibu hamil tak sama, tergantung BB dan TB si ibu. Bila dia butuh 2000 kkal, misal, sedangkan makanan yang masuk hanya 1000 kkal dan yang 1000 kkal-nya lagi terbuang akibat muntah-muntah. Nah, kekurangannya ini bisa dipenuhi dengan susu."

Namun jangan dibalik, lo Bu. Bukan susunya yang digunakan untuk mencapai kebutuhan gizi ibu hamil, melainkan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Susu hanya sekadar untuk mempermudah mencapai jumlah yang dibutuhkan. Jadi, makanan pokoklah yang harus ditambah. Untuk penambahan kalori, misal, bisa diperoleh dari bahan pokok seperti nasi, jagung, ubi, dan lainnya. Untuk protein, diperoleh dari sumber protein seperti daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe, dan sebagainya. Sedangkan vitamin dan mineral bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan.

Dengan demikian, pola makan si ibu juga harus diubah: ia harus makan lebih banyak lagi. Persoalannya, tak semua ibu kuat makan banyak. Nah, bila si ibu makannya sangat sedikit, tentu ia bisa muntah jika dipaksa makan banyak. Padahal, kebutuhan tubuhnya meningkat, perlu tambahan 300 kkal setiap hari, belum lagi tambahan zat-zat lain. Otomatis, kalau makannya sedikit, tentu takkan bisa mengejar kekurangan tersebut. Hingga, sebagian ibu hamil lantas mengambil jalan pintas dengan menambahnya lewat susu. Jadi, karena kurang barulah ditambah dengan susu.

Jaga Kekurangan Makanan
Intinya, jangan menganggap kalau sudah minum susu berarti sudah sehat dan dijamin tak kekurangan apa pun. Ini pendapat yang salah karena makanan tetap harus lengkap dengan menu seimbang. Jadi, tak perlu dipaksakan harus minum susu bila ibu hamil benar-benar tak doyan susu. Asalkan si ibu bisa memenuhi kebutuhan gizinya dari makanan, tanpa minum susu pun tak masalah.

Yang penting, tegas Victor, ibu hamil jangan sampai kekurangan makanan. Soalnya, kekurangan makanan akan berdampak pada janin. Bukankah penyerapan ke janin tergantung si ibu? "Jadi, bila kebutuhan gizi si ibu kurang, ya, bayi juga bisa terkena BBLR atau berat badan lahir rendah, yang akan berdampak pada kualitas si bayi selanjutnya."

Selain itu, bila kebutuhan ibunya tak terpenuhi, janin pun bisa kekurangan asam folat, yang berdampak pada neural cube defect yang mengakibatkan bayi cacat atau meninggal. "Walaupun kalau dilihat dari pola makan ibu-ibu di negara kita, sebenarnya kekurangan asam folat ini jarang terjadi karena ibu-ibu kita sering makan kacang-kacangan seperti tempe dan tahu," tutur Victor.

Tak Perlu Susu Khusus Ibu Hamil
"Toh, kandungannya tak beda dengan susu full cream biasa asalkan jangan yang skim karena berarti lemaknya sudah dibuang, padahal lemak salah satu sumber energi pula," tutur Victor.

Memang, akunya, ada beberapa susu khusus ibu hamil yang ditambahkan zat tertentu semisal asam folat yang berguna untuk pertumbuhan otak bayi atau serabut-serabut sarafnya. Namun, bila kita makan hati sapi dan kacang-kacangan, tak perlu lagi harus minum susu mengandung asam folat.

Terlebih, dokter kandungan pun akan memberikan resep tablet asam folat buat ibu hamil jika memang si ibu membutuhkannya. Namun bila kebutuhan asam folat dalam tubuhnya sudah terpenuhi dari makanannya, dokter takkan memberikan. Jadi, tak ada alasan untuk mengonsumsi susu yang mengandung asam folat ya Bu. Apalagi harganya biasanya tak murah kan?

Susu Kedelai
Dibanding susu sapi, susu kedelai memiliki zat besi lebih banyak. Namun kekurangannya, "susu kedelai mengandung asam fitat yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Hingga, zat besi yang banyak itu jadi tak berguna karena tetap tak terserap dengan bagus," jelas Victor.

Selain itu, susu kedelai berasal dari nabati dan kualitasnya tak sebagus susu hewani. "Protein hewani punya nilai biologi lebih tinggi karena terdiri asam amino esensial yang komplet, sedangkan protein nabati asam aminonya tak lengkap."

Belum lagi susu nabati tak mengandung laktosa sehingga karbohidratnya sama dengan beras, yaitu berasal dari pati. Makanya, susu ini bagus buat orang yang tak tahan laktosa atau mengalami intoleransi laktosa.

Penulis : Indah Mulatsih
Source : Kompas.com

Fakta Penting Untuk Ibu Menyusui

MASA menyusui adalah masa yang sangat penting dan berharga bagi seorang ibu dan bayinya. Pada masa inilah hubungan emosional antara ibu dan anak akan terjalin.

Dengan periode yang cukup panjang, masa menyusui sangat baik bagi perkembangan mental dan psikis anak. Ketika air susu mengalir dari payudara ibu, si anak akan merasakan betapa besar curahan cinta, kasih sayang, dan kehangatan yang diberikan kepadanya.

Namun begitu, masa menyusui ini bukanlah hal yang mudah bagi ibu. Masa ini termasuk yang paling sensitif dalam kehidupan ibu, baik secara fisik ataupun emosional. Begitu ibu mulai menyusui, mereka akan diuji dengan segala hal yang berada dalam diri dan lingkungannya.

Tak jarang, selama masa menyusui muncul kekhawatiran dan keraguan dalam pikiran ibu. Pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang boleh dan tidak boleh, bagaimana menyusui saat sakit, atau cara mengawetkan ASI, kerap muncul sebagai reaksi kekhawatiran itu.

Nah, berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar menyusui yang sering kali muncul dalam benak ibu serta fakta pentingnya. Dengan mendapat informasi yang tepat, masa menyusui diharapkan menjadi masa yang menyenangkan baik bagi ibu maupun bayi.

1. Bolehkah merokok selama menyusui?
Tidak menyusui saja tidak boleh merokok, apalagi ketika menyusui. Merokok saat menyusui sangat tidak dianjurkan dokter.

2. Apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui?
Narkoba, minuman keras, dan rokok, tapi kopi boleh dikonsumsi.

3. Bolehkah ibu yang sedang menyusui ikut berpuasa saat Ramadhan?
Sebetulnya, ibu yang menyusui diperbolehkan tidak berpuasa saat Ramadhan tiba. Jadwal makannya juga boleh disesuaikan dengan anggota keluarga lain yang berpuasa. Misalnya, ikut makan saat sahur, sebagai pengganti sarapan, makan siang seperti biasa, dan berbuka sebagai pengganti makan malam.

4. Bagaimana ibu vegetarian yang menyusui bisa tetap memenuhi gizi bayinya?
Sebaiknya si ibu mengonsumsi vitamin B lebih banyak daripada ibu menyusui yang tidak vegetarian.

5. Bolehkah ibu yang terkena kanker payudara menyusui bayinya?
Bila sang ibu tidak sedang dalam pengobatan, boleh saja menyusui. Namun, bila sedang dalam pengobatan, hentikan memberi ASI.

6. Bolehkah ibu yang terkena HIV menyusui bayinya?
Bila kondisi sang ibu tidak memungkinkan untuk memberi bayinya susu formula (misalnya tinggal di daerah terpencil seperti di Papua), boleh saja ia menyusui. Namun, ASI harus direbus lebih dulu.

7. Berapa lama ASI bisa bertahan bila disimpan di dalam kulkas?
Bila disimpan di freezer dalam kulkas dengan satu pintu, ASI bisa tahan sampai dua minggu. Bila disimpan dalam freezer dalam kulkas dengan dua pintu bisa bertahan hingga tiga bulan.

Hasuna Daylailatu
source : Forum.kompas.com

Berapa Lama Bayi Sebaiknya Tidur

Kebutuhan tidur bayi anda tentu berbeda dengan kebutuhan tidur orang dewasa. Karena hal ini banyak orang tua bertanya-tanya berapa lamakah tidur yang sehat dan cukup untuk perkembangan bayi sesuai dengan usianya.

Di awal minggu kelahiran, bayi anda sepertinya tidur sepanjang waktu, namun sejalan dengan waktu dan perkembangan fisiknya waktu tidur bayi semakin berkurang. Untuk kebanyakan bayi hingga 6 atau 7 minggu pertama mereka akan tidur nyenyak sepanjang malam, berikut ini panduan kebutuhan tidur bayi secara umum sesuai dengan umur mereka.



Lahir hingga 6 atau 7 minggu. Bayi baru lahir membutuhkan tidur antara 16 s/d 20 jam sehari.
1 s/d 3 Bulan. Bayi pada tahap ini akan membutuhkan sekitar 8 jam malam hari dan 8 jam siang hari, sehingga total 16 jam sehari.
3 s/d 6 Bulan. pada tahap ini, tidur di waktu malam meningkat dan di waktu siang berkurang. Bayi anda akan membutuhkan tidur sekitar 10 jam di waktu malam dan antara 3 sampai 5 jam di waktu siang.
6 s/d 9 Bulan. Bayi pada tahap ini akan tidur lebih panjang lagi di waktu malam. Sekitar 11 jam di waktu malam dan 2 sampai 3.5 jam di waktu siang.
9 Bulan s/d 1 Tahun. Waktu tidur malam stabil sekitar 11 jam, namun waktu siang berkurang menjadi sekitar 2 atau 3 jam.
1 Tahun hingga 18 Bulan. Pada masa ini tidur malam bertambah sekitar 11.5 jam dan tidur siang berkurang menjadi 1 atau 2 Jam dan pola tidur siang ini akan bertahan hingga mereka berumur 4 tahun (atau berhenti disaat mereka sudah tidak lagi tidur siang).
18 Bulan s/d 3 Tahun. Tidur malam akan berkurang sekitar setengah jam setiap 6 bulan sekali, sehingga ketika mereka berumur 3 Tahun bayi anda akan tidur sekitar 10.5 Jam, dan tidur siang akan tetap sama (1 s/d 2 jam)
Jika bayi anda terlalu banyak tidur (jauh melebihi waktu maksimal panduan diatas) dapat saja itu merupakan pertanda adanya suatu masalah. Jika bayi anda menolak tidur juga merupakan pertanda ada masalah kesehatan. Jika anda melihat pertanda diatas sebaiknya anda menghubungi ahli kesehatan anak (dokter spesialis anak) untuk mendapat penjelasan dan pemeriksaan lebih lengkap.

Source : babyslumber.com

Cegah Stroke Sejak Balita

MENCEGAH penyakit stroke sebaiknya dilakukan sejak usia dini bahkan saat masih balita. Peran orang tua dalam membiasakan gaya hidup sehat kepada anak-anak juga penting dalam upaya menghindari dan menekan risiko penyakit mematikan ini.


Menurut dr Hardhi Pranata Sp.S. MARS dari Bagian Penelitian Pengembangan Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki), kesadaran akan pentingnya upaya pencegahan sejak dini perlu ditanamkan mengingat semakin banyaknya kasus stroke menyerang kaum muda dan usia produktif di Indonesia.

Fenomena ini, kata Hardhi, tidak terlepas dari masih sangat rendahnya kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan stroke. Stroke sebenarnya tidak asing lagi di telinga masyarakat, tetapi kesadaran untuk mencegahnya justru sangat rendah.

"Kalau mau sadar akan bahaya stroke sebenarnya tidak perlu menunggu hingga usia 20 tahunan. Tapi kesadaran harus diterapkan sejak dini bahkan sejak usia balita dan ini adalah tugas dari para orang tua," ungkap Hardhi di Jakarta, Selasa (14/10).

Hardhi menjelaskan, kelainan pembuluh darah yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit stroke bisa terjadi sejak usia 9 tahun. Kelainan ini dapat timbul akibat kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, tetapi kualitas nutrisinya buruk.

"Kita tahu bahwa kelainan pembuluh darah dapat terjadi sejak usia 9 tahun, di mana anak-anak sejak balita sudah dibiasakan memakan junk food yang tinggi kadar lemaknya tetapi kualitasnya jelek yang dapat menyebabkan perlemakan pada pembuluh darah. Jadi jangan dibiasakan para orang tua mengajak anak-anaknya, bahkan sejak masih balita, ke tempat-tempat makanan begitu," paparnya.

Yayasan Stroke Indonesia sendiri, lanjut Hardhi, mengharapkan kesadaran akan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat seperti menghindari makanan junkfood dapat tumbuh tak hanya di kalangan orang tua yang telah memiliki anak. Kesadaran ini sangat perlu ditumbuhkan pada pasangan usia muda yang baru menikah supaya anak-anak mereka kelak terhindar dari risiko stroke.

Kasus stroke di Indonesia sendiri menurut data yang dirilis Yastroki menunjukkan kecenderungan terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun 1990-an sebuah penelitian menunjukkan kasus stroke mencapai 3, 98 persen dari seluruh penduduk. Diperkirakan 500 ribu penduduk terkena serangan stroke dan sekitar 125 ribu di antaranya meninggal atau cacat seumur hidup.

Setelah tahun 2000-an, kasus stroke ternyata terus melonjak. Pada 2004, hasil penelitian di beberapa rumah sakit menemukan bahwa pasien rawat inap akibat stroke berjumlah 23.636 orang sedangkan yang rawat jalan atau tidak dibawa ke rumah sakit karena tidak mampu atau jauhnya jarak dari rumah sakit ternyata jumlahnya jauh lebih besar lagi.

Fakta bahwa kasus stroke terus meingkat juga telah diungkap dalam sebuah konferensi stroke internasional di Wina belum lama ini. Salah satu masalah yang mengemuka pada konferensi itu adalah fakta bahwa kasus stroke semakin merebak di kawasan Asia akibat berubahnya gaya hidup masyarakat.

AC
source : kompas.com

Dokter Spesialis Kandungan / Kebidanan (Sp.OG)

Dokter Spesialis Kandungan / Kebidanan (Sp.OG) - OBSTETRICIAN GYNECOLOGIST
Kami menyajikan jadwal dan alamat praktek Dokter Spesialis Kandungan / Kebidanan (obstetrician gynecologist) berdasarkan abjad awal dari nama dokter yang bersangkutan.

  • Dr. Adi Muljana Rahardja, SPOG
    Alamat : Jl. Green Garden blok A-7 no. 46, Jakarta Barat.
    Telepon : (021) - 580 27 01
    Jadwal : Senin dan Rabu Pk. 17.00 - Pk. 22.00
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
    RS. Graha Medika (021) - 530 08 87
    RB. Ibu & Anak FAMILY (021) - 669 49 90
  • Dr. H. Erdwin Rakun, SPOG
    Alamat : Jl. Kemanggisan Raya 76, Jakarta Barat - 11480.
    Telepon : (021) - 534 67 94 / 53 67 20 81
    Email : [ klik disini ]
    Jadwal : Senin, Rabu dan Jum'at Pk. 16.00 - Pk. 18.00
    Sabtu Pk. 08.00 - Pk. 11.30
    Rujukan : RS. Anak & Bersalin Harapan Kita (021) - 566 82 84
    RS. Medika Permata Hijau (021) - 534 74 11
    RS. Ibu & Anak Hermina - Daan Mogot (021) - 540 89 89
  • Dr. Els Djuarsa, SPOG
    Alamat : Jl. Mangga Besar 8 no. 1, Jakarta Pusat.
    Telepon : (021) - 639 82 96
    Jadwal : Senin, Rabu dan Jum'at Pk. 15.00 - Pk. 19.30
    Rujukan RS. Husada (021) - 626 01 08
  • Dr. Handrata Amansjah, SPOG
    Alamat : Jl. Taman Sari X no. 109 A, Jakarta Barat.
    Telepon : (021) - 629 24 76 / 624 60 15
    Email : [ klik disini ]
    Jadwal : Senin s/d Jum'at Pk. 16.00 - Pk. 19.30
    Rujukan : RS. Husada (021) - 626 01 08, ext. 8200 / 8225
  • Dr. Med. Hardi Susanto, SPOG
    Alamat : Apotik Tomang Raya (Laboratorium Klinik Medika), Jl. Tomang Raya 25, Jakarta Barat.
    Telepon : (021) - 566 72 19
    Email : [ klik disini ]
    Jadwal : Selasa s/d Kamis Pk. 18.00 - Pk. 20.30
    Sabtu Pk. 14.00 - Pk. 17.00
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
    RS. Graha Medika (021) - 530 08 87
  • Dr. Henry Santosa, SPOG
    Alamat 1 : Apotik Harapan Baik, Jl. Bandengan Selatan 5 A, Jakarta Barat.
    Telepon : (021) - 691 03 35
    Jadwal : Senin, Rabu dan Kamis Pk. 19.30 - Pk. 21.30
    Alamat 2 : Taman Palem Lestari, blok D - 12 no. 28, Jakarta Barat.
    Telepon : (021) - 55 95 28 74
    Jadwal : dengan perjanjian
    Rujukan : RS. Pluit (021) - 668 50 70
    RS. Ibu & Anak Hermina - Daan Mogot (021) - 541 11 09
  • Dr. med. M. J. Josoprawiro, SPOG - Dokter Yoso
    Alamat : Jl. Prof. Dr. Satrio, Kavling C4 no. 9, Kuningan Timur, Jakarta Selatan (seberang Ambasador Mall, tepat disamping gedung RIFA).
    Telepon : (021) - 525 79 18 / 527 89 54
    Jadwal : Senin s/d Kamis Pk. 08.00 - Pk. 13.00
    Jum'at Pk. 08.00 - Pk. 11.00
    Rujukan : RS. MMC - Kuningan (021) - 520 34 35
    RS. Bunda - Jakarta (021) - 322 005
    RS. Bersalin YPK - Menteng (021) - 390 97 25
    RS. Graha Medika (021) - 530 08 87
  • Dr. Raditya Wratsangka, SPOG
    Alamat : Jl. Kemanggisan 110, Palmerah, Jakarta Barat - 11480.
    Telepon : (021) - 530 54 90 / 530 54 89
    Jadwal : Senin s/d Jum'at Pk. 17.00 - Pk. 21.00
    Sabtu dengan perjanjian
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
    RS. Graha Medika (021) - 530 08 87
    RS. Anak & Bersalin Harapan Kita (021) - 566 82 84
    RS. St. Carolus (021) - 390 444 1
  • Dr. Rama Tjandra, SPOG
    Alamat : Gedung Graha Irama - INDORAMA, MEDIKALOKA, mezzanine and 2nd floor, Jl. H. R. Rasuna Said blok X - 1, kavling 1 - 2, Kuningan, Jakarta - 12950.
    Telepon : (021) - 526 111 8
    Jadwal : Senin Pk. 13.00 - Pk. 17.00
    Selasa Pk. 15.00 - Pk. 16.30
    Rabu s/d Jum'at Pk. 13.00 - Pk. 17.00
    Sabtu Pk. 09.00 - Pk. 13.00
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
    RS. Graha Medika (021) - 530 08 87
    RS. Pondok Indah (021) - 765 75 25
    RS. Medistra (021) - 521 02 00
    RS. Ibu & Anak Hermina - Bekasi (021) - 884 21 21
    Global Clinic (021) - 723 11 21
    RS. P.A.D. Gatot Subroto (021) - 384 07 02
  • Dr. Ronald David, SPOG
    Alamat : Apotik Budi Setiawan, Jl. Terusan Bandengan Utara, Komplek Soka 2, blok A / 6, Jakarta Utara.
    Telepon : (021) - 662 10 45
    Jadwal : Senin, Selasa dan Jum'at Pk. 17.00 - Pk. 19.00
    Rujukan : RB. Ibu & Anak FAMILY (021) - 669 50 66
    RS. Pluit (021) - 668 50 70
  • Dr. Tjokro Widjaya, SPOG
    Alamat : Jl. Kamboja no. 60, Tomang - Jakarta Barat (belakang HERO Tomang).
    Telepon : (021) - 567 25 73
    Jadwal : Senin dan Selasa Pk. 16.00 - Pk. 18.00
    Kamis dan Jum'at Pk. 16.00 - Pk. 18.00
    Rujukan : RS. Graha Medika (021) - 530 08 87
    RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
  • Dr. Yani Toehgiono, SPOG
    Alamat : Jl. Pinisi Indah 3 no. 17, Komplek Perumahan Pantai Indah Kapuk - 14460.
    Telepon : (021) - 588 02 34
    Jadwal : Senin dan Selasa Pk. 16.00 - Pk. 21.30
    Kamis dan Jum'at Pk. 16.00 - Pk. 21.30
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00

Dokter Anak :

  • Dr. Dianto, Sp.A
    Alamat : Jl. Raya Jelambar Madya blok A - XIX no. 432, kavling POLRI - Jelambar, Jakarta Barat.
    Telepon : (021) - 566 22 65 (darurat) / 667 81 15
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
  • Dr. Hendratno Halim, Sp.A, [ e-Mail ]
    Alamat : RS. Pantai Indah Kapuk.
    Telepon : (021) - 588 09 11 / 588 51 00 / 0816 - 115 - 84 43 (darurat)
    Rujukan : RS. Pantai Indah Kapuk (021) - 588 51 00
  • Dr. Hj. Martani Widjajanti (Wiwiek), Sp.A, [ e-Mail ]
    Alamat : Jl. Kemanggisan Raya 76, Jakarta Barat - 11480.
    Telepon : (021) - 534 67 94 (darurat) / 53 67 20 81
    Rujukan : RS. Anak & Bersalin Harapan Kita (021) - 566 82 84
    RS. Medika Permata Hijau (021) - 534 74 11
    RS. Ibu & Anak Hermina - Daan Mogot (021) - 540 89 89
  • Dr. Taufan Iskandar .W., Sp.A
    Alamat : Jl. Tanah Sereal no. 16, Jakarta Barat - 14450.
    Telepon : (021) - 633 49 17 / 633 33 70
    Rujukan : RS. Ibu & Anak Hermina - Daan Mogot (021) - 540 89 89 / 544 75 86
    RS. Pluit (021) - 668 50 70

Cermati Tanda-Tanda Kehamilan


Kenali awal-awal kehadiran si buah hati untuk memberinya perawatan terbaik sejak dini.

KOMPAS.com — Belakangan Anda merasa sering kelelahan, sering bolak-balik buang air kecil, bra mulai terasa sempit, namun terlalu dini untuk mengatakan bahwa haid Anda datang terlambat. Mungkinkah ini pertanda Anda sedang hamil?

Kelelahan, sering buang air kecil, dan payudara mengeras adalah sedikit dari beberapa tanda awal kehamilan yang bisa timbul. Bila Anda mengalaminya, mungkin Anda memang baru saja hamil meskipun masih terlalu dini untuk mengecek positif atau tidaknya.

“Untuk wanita yang aktif secara seksual, selalu waspadalah untuk kehamilan, bahkan jika menggunakan alat kontrasepsi sekalipun,” ujar Xavier Pombar MD, dokter kebidanan di Rush University Medical Center di Chicago, Amerika Serikat. “Semakin dini diketahui, makin baik pula perawatan yang bisa dilakukan untuk kehamilan. Maka, penting untuk mengenali tanda-tanda awal kehamilan,” imbuhnya.

Jadi, apa saja tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui?
1. Kelelahan. Kebanyakan orang menangani kelelahan dengan banyak mengonsumsi kafein. Ini bisa berbahaya untuk janin. Sementara di awal kehamilan, calon ibu banyak yang merasa kelelahan yang amat sangat. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

2. Sulit makan. Biasanya Anda mau makan apa saja. Tetapi tiba-tiba mencium bau ayam goreng saja Anda sudah mengernyit. Atau, melihat hidangan cumi-cumi membuat Anda ingin muntah. Merasa seperti ini? Bisa jadi Anda sedang hamil. Banyak calon ibu yang melaporkan kejadian semacam ini di awal-awal kehamilannya. Ini bisa diakibatkan oleh naiknya hormon beta-hCG. Tak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi keadaan ini kecuali menjauhi makanan-makanan tersebut.

3. Sensitif terhadap aroma. Tingkat penciuman calon ibu yang hamil muda memang meningkat tinggi. Anda bisa sangat terganggu bau asap rokok atau bahkan aroma dari pasangan Anda. Sekali lagi, tak ada yang bisa dilakukan untuk hal yang disebabkan oleh meningkatnya hormon ini kecuali menghindari bebauan tersebut, khususnya asap rokok yang berbahaya untuk janin.

4. Pusing dan muntah. Lagi-lagi salahkan peningkatan level hormon untuk kedua hal ini. Namun Anda harusnya merasa cukup senang karena ini berarti Anda dan bayi dalam keadaan sehat dan bertumbuh. Termasuk pula ketika terjadi morning sickness. Biasanya, hal ini akan berlalu setelah usia kehamilan melewati usia 12 minggu (trimester pertama). Yang bisa Anda lakukan adalah mengusahakan agar perut Anda tidak dibiarkan kosong. Simpan biskuit atau makanan kecil dekat Anda ke mana pun jika rasa mual menyerang sepanjang hari. Simpan biskuit di dekat tempat tidur Anda, makanlah setelah bangun pagi sebelum mulai beraktivitas. Vitamin kehamilan juga bisa meningkatkan pusing dan mual jika diminum sebelum makan. Banyak calon ibu yang merasa lebih enak jika vitamin tersebut dimakan di malam hari atau setelah makan malam.

5. Pembengkakan dan sakit di payudara. Salah satu tanda kehamilan adalah terjadinya perubahan pada payudara. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keadaan ini ialah dengan membeli bra baru.

6. Sering buang air kecil. Di masa awal kehamilan, rahim mengalami pembesaran, dan hal ini menekan kantung kemih sehingga memicu seringnya keinginan untuk buang air kecil. Ini biasa terjadi di trimester pertama, dan akan muncul lagi di trimester akhir ketika kepala bayi menekan kantung kemih.

7. Napas pendek. Ada sebagian wanita yang merasa napasnya menjadi pendek di awal kehamilan. Ini karena si ibu menghirup napas untuk 2 orang. Namun jika bertambah parah dan merasa kekurangan oksigen terus-menerus, konsultasikan pada dokter. Apalagi jika ada rasa sakit di dada karena ini bisa menjadi tanda penyakit yang serius.

8. Perubahan fisik. Selain tanda-tanda yang bisa Anda rasakan sendiri, pastikan kehamilan dengan datang ke dokter dan menanyakannya. Karena saat terjadi kehamilan ada tanda-tanda perubahan warna dan tekstur di daerah vagina yang bisa dideteksi oleh dokter kebidanan.

Tanda awal kehamilan pada seorang wanita bisa berbeda-beda, ada yang merasakan semua tanda di atas, ada pula yang hanya merasakan beberapa di antaranya saja. Namun, yang paling bisa mempertegas kehamilan adalah jika biasanya haid Anda teratur dan tak pernah bolong, tiba-tiba bulan itu tak kunjung datang. Untuk lebih memastikan lagi, datanglah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan atau beli test pack dan cek sendiri di rumah.

Jika Anda sedang hamil, belum terlambat atau terlalu cepat untuk mulai mengganti gaya hidup yang merugikan, seperti berhenti mengonsumsi kafein, nikotin, sushi, dan alkohol. Jika diperlukan, mulailah mengasup vitamin khusus kehamilan. Jika Anda sedang menjalani pengobatan atas suatu penyakit, pastikan obat-obatan yang dikonsumsi aman untuk ibu hamil dengan mengonsultasikannya dengan dokter.

C6-09
Sumber : WebMD

Bayi Butuh Tidur Berkualitas


JAKARTA, RABU - Anda telah dikaruniai bayi atau punya batita? Perhatikan pola tidur buah hati anda. Sudahkah kebutuhannya akan tidur berkualitas terpenuhi? Menurut penelitian para ahli, tidur berkualitas, bukan sekadar tidur, merupakan hal penting dalam proses tumbuh kembang yang optimum pada bayi dan batita, karena di waktu mereka tidur terjadi puncak aktivitas regenerasi sel-sel tubuh dan tumbuh kembang otak.

Pola tidur yang baik pada bayi dan batita paling ideal dibentuk ketika mereka berumur 3-6 bulan. Ciri bayi dan batita yang mendapat cukup waktu tidur adalah mudah tertidur malam hari, mudah terbangun pagi hari, tidak rewel, mudah diatur, dan tak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai dengan perkembangannya.

Tidur berkualitas pada bayi dan batita bisa diperoleh jika mereka melewati dua tahapan tidur, yaitu tidur dalam atau tidur Non-REM (Non-Rapid Eye Movement) dan tidur aktif atau tidur REM.

Proporsi tidur REM pada bayi yang baru lahir adalah sebanyak 50% dari keseluruhan siklus tidur. Angka tersebut akan terus berkurang, hingga tinggal 20%, seiring pertambahan usia bayi.

Pola tidur
Pola tidur bayi dan batita akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Bayi yang baru lahir biasanya akan tidur selama 16-20 jam dalam satu hari. Pada umur itu pola tidur tak teratur, lama tidur siang dan malam hampir sama, lebih dipengaruhi oleh rasa lapar dan kenyang bayi.

Pada usia 2-12 bulan, umumnya bayi tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Ketika berumur 12 bulan-3 tahun, si kecil biasanya tidur selama 12-13 jam sehari, dengan tidur siang rata-rata satu kali saja dalam sehari pada usia 18 bulan.

Anak berumur tiga tahun yang tidur siang akan memiliki kemampuan lebih dalam menyesuaikan diri. Hal itu sangat penting dalam menentukan keberhasilan di sekolahnya. Pada usia empat tahun, anak bisa tidak lagi membutuhkan tidur siang. Tidur pagi dan siang (nap) berkaitan erat dengan lamanya atensi, quiet alert, dan cepatnya proses pembelajaran.

Pola tidur bayi dan batita memang bervariasi. Tapi, dalam satu bulan setelah bayi lahir, seharusnya ritme tidur dan bangun yang rutin sudah dapat terbentuk. Waspadalah jika hingga umur enam bulan ia masih belum memiliki pola tidur yang relatif teratur, karena itu bisa berarti ia memiliki masalah tidur. (M1-08)

source -eli- : Kompas.com

Cara Bayi Mengatakan I Love You


Meski tak secara verbal, ungkapan cinta dan kasih sayang juga bisa datang dari bayi Anda. Dalam setiap tahapan perkembangannya, si kecil mengirimkan sinyal-sinyal cinta yang berbeda. Yuk, cari tahu.

0-6 bulan
Bayi di usia ini memang belum bisa menyampaikan betapa ia berterima kasih atas kasih sayang dan perhatian yang Anda berikan sejak ia masih dalam kandungan. Namun, hari demi hari yang Anda lalui bersamanya akan menumbuhkan ikatan ibu dan anak, yang punya arti lebih dalam ketimbang ungkapan cinta mana pun. "Rasa keterikatan adalah sebuah proses," kata Debbie Laible, Ph.D, profesor psikologi.

Rasa cinta yang Anda berikan setiap hari, baik lewat cara Anda merawatnya atau lewat dekapan, akan membuat si kecil jatuh cinta pada Anda. Ia pun menunjukkannya lewat senyuman. Penelitian mengungkapkan, senyuman bayi di minggu-minggu pertama kehidupannya bisa jadi merupakan respons terhadap senyum yang ayah-ibunya berikan.

Sejak lahir bayi sudah bisa mengenali wajah, suara, dan bau ibunya. Langkah selanjutnya adalah ia berusaha menghubungkan antara suara dan bau yang ia akrabi itu dengan sesuatu yang dilihatnya. Itu sebabnya bayi sering menatap wajah ibunya, seakan berusaha untuk menghafalnya.

6-12 bulan
Ini adalah dimulainya masa-masa menyenangkan. Setelah usia 6 bulan, bayi mulai menaruh perhatian terhadap lingkungan di sekitarnya. Selain itu, keterampilannya pun terus bertambah setiap hari. Sehingga, ia pun mulai menunjukkan rasa sayangnya pada ayah-bundanya.

Menurut para ahli, bayi yang terbiasa melihat ayah atau ibunya memperlihatkan rasa cinta, baik itu lewat pelukan atau ciuman, tertarik untuk melakukan hal yang sama juga. Jadi jangan kaget bila si mungil tiba-tiba memeluk atau mencium dengan sayang pipi Anda. Rasa sayangnya juga ia ungkapkan lewat senyuman lebar di wajahnya saat melihat Anda kembali setelah meninggalkannya untuk mengerjakan sesuatu di ruangan lain atau ke kantor.

AN
Sumber : Parenting

Bagaimana Membiasakan Anak Minta Maaf


Berikut 4 langkah sederhana cara membiasakan batita minta maaf:

1. Contoh langsung
Contohkan bagaimana seharusnya kata maaf diucapkan. Misal, orangtua tak sengaja menumpahkan susu anak, katakan, "Maaf ya, Sayang, Mama tidak sengaja menumpahkan susumu." Begitu juga dengan kesalahan lain yang dilakukan. Dengan demikian diharapkan anak terbiasa melihat orang-orang terdekatnya mengucapkan maaf manakala melakukan kesalahan.

2. Tunjukkan penyesalan dengan bahasa tubuh
Lakukan kontak mata saat mengucapkan kata maaf, sehingga anak bisa merasakan penyesalan yang mengiringi permintaan maaf itu. Menggenggam tangan, memeluk erat, atau mencium juga akan dicontoh anak saat orangtua minta maaf dengan bahasa tubuh seperti itu. Namun sebagai catatan, tegaskan padanya bahwa pelukan dan ciuman penyesalan hanya boleh diberikan pada papa/mama/kakak/adik, sedangkan untuk teman/saudara/orang lain cukup dengan bersalaman. Bahasa tubuh juga efektif untuk batita yang komunikasi verbalnya belum lancar sehingga belum bisa mengucapkan kata maaf.

3. Dorong supaya bertanggung jawab
Selain mengucapkan maaf, minta anak untuk "bertanggung jawab" atas kesalahan yang dilakukannya. Umpama, ia menyenggol temannya sampai jatuh. Nah setelah minta maaf, jika temannya terluka, minta si kecil menyodorkan tisu/plester. Ini sebagai bagian dari pembelajaran tentang tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan.

4. Berikan apresiasi
Setelah anak mengucapkan kata maaf, berikan apresiasi dalam bentuk pujian, seperti, "Wah, pintar, kamu sudah bisa minta maaf." Hal tersebut sekaligus sebagai penguatan bahwa yang dilakukannya sudah benar dan perlu diulanginya lagi di lain kesempatan.

PESAN PENTING
Selain cara, orangtua juga harus mengajarkan kapan kata maaf itu diucapkan, yakni saat menyusahkan orang lain, mencelakai orang lain, melanggar janji, melakukan hal-hal yang sudah dilarang, melakukan hal-hal yang tidak disukai orang lain, dan sebagainya. Dengan begitu, yang ditekankan adalah pesan untuk tidak mengulangi kesalahan, bukan semata-mata minta maaf tanpa mengerti alasannya.

Apa jadinya kalau anak yang bersalah tidak dibiasakan meminta maaf?

* Anak tidak disukai dalam pergaulannya karena tidak biasa minta maaf setelah melakukan kesalahan. Ini akan berakibat pada perkembangan sosialnya. Apalagi kalau sikap masa bodoh ini terbawa sampai usia dewasa.
* Perkembangan emosinya tidak optimal karena dengan tidak mengakui kesalahan, ia tidak bisa menilai dirinya secara pas.

Jadi, say sorry... please!
Marfuah Panji Astuti
Source : kompas.com

Perkembangan Otak Anak

4 Kunci Perkembangan Otak Anak, PERKEMBANGAN otak akan memengaruhi kecerdasan anak di kemudian hari. Hal yang memengaruhi perkembangan otak anak hingga usia 3 tahun antara lain faktor gen, asupan nutrisi, kasih sayang, dan stimulasi.

Demikian dikatakan Dr Soedjatmiko dalam roadshow seminar "Memaksimalkan Kecerdasan Anak dengan Floor Time" di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (24/1).

Menurut Soedjatmiko, faktor gen dari orangtua memang sudah tak bisa diubah. "Ini sudah tak bisa diganggu gugat, misal orang tua cerdas, maka faktor gen akan menurun ke anak," jelasnya.

Adapun penambahan nutrisi terhadap bayi akan memberi efek positif bila diberikan sedini mungkin, yakni sekitar 6-12 bulan. "Perkembangan otak bayi setelah dilahirkan lebih penting dalam menentukan IQ anak di kemudian hari dibanding saat di dalam kandungan," tuturnya.

Nutrisi yang terbaik untuk bayi, dikatakan Soedjatmiko, air susu ibu (ASI) mengandung banyak zat yang diperlukan seperti protein dan asam amino, AA-DHA, Gangliosida (GA), kolin, dan zat gizi mikronutrien lainnya.

Di samping nutrisi, stimulasi juga memegang peranan penting dalam memaksimalkan kecerdasan anak. "Stimulasi diperlukan agar hubungan antarsel syaraf otak (sinaps) dapat berkembang karena bila tak distimulasi, sinaps yang jarang atau tak terpakai akan musnah," ucapnya.

Stimulasi ini dapat diterapkan sejak dini, yakni sejak janin masih dalam kandungan hingga umur 2-3 tahun yang dikenal dengan masa keemasan perkembangan otak anak (golden age).
Stimulasi, menurut Soedjatmiko, dapat dilakukan dengan bermain aktif dengan penuh kasih sayang, gembira, dan bebas.

"Faktor kasih sayang ini juga penting karena kedekatan emosional saat orangtua dan anak itu bermain dapat menstimulasi anak untuk berpikir kreatif," jelasnya.*

MYS
source : Kompas.com

Kenapa operasi caesar menjadi tren

Bersenang-senang Dulu, Bersakit-sakit Kemudian?

Akhir-akhir ini, operasi caesar menjadi tren, karena dinilai lebih praktis dan tidak terlalu menyakitkan. Bahkan, para dokter kerap menyodorkan opsi ini. Anda harus tahu, operasi caesar bukannya tanpa komplikasi.

Kita tidak dapat menutup mata melihat adanya kecenderungan terus meningkatnya jumlah ‘peserta’ operasi caesar. Menurut Dra. Yati Utoyo Lubis, Ph.D, staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, “Ironisnya, si pasien itu sendiri diduga memilih operasi caesar yang tak seharusnya (tanpa indikasi kesehatan atau medis) karena sosialisasi yang keliru.”

Memang, menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), standar rata-rata operasi caesar di sebuah negara adalah sekitar 5–15%. “Di Indonesia sendiri, persentase operasi caesar sekitar 5%. Di rumah sakit pemerintah rata-rata 11%, sementara di rumah sakit swasta bisa lebih dari 30%,” ujar Prof. dr. Gulardi Wiknyosastro, Sp.OG, Guru Besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta. .

Kecenderungan peningkatan jumlah pasien yang menjalani operasi caesar di rumah sakit swasta ini sempat mengkhawatirkan para dokter yang patuh pada kode etik kedokteran. Bukan saja di Indonesia, tapi juga di Amerika.

Tonya Jamois , Ketua International Caesarean Awareness Network (ICAN - Jaringan Masyarakat Internasional Peduli Caesar) mengatakan, “ American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG - Perkumpulan Ahli Obstetrik dan Ginekologi di Amerika) telah memberikan peraturan untuk para anggotanya, yakni untuk sebuah operasi caesar, mereka harus menunjukkan pada pasien bukan saja prosedur operasi, tapi juga harus menjelaskan bahwa operasi caesar lebih berisiko untuk ibu dan bayinya dibandingkan dengan persalinan normal.”

Harus diakui, banyak wanita yang merasa khawatir harus menjalani persalinan normal hanya karena sering mendengar cerita orang lain mengenai rasa sakit yang akan dialaminya pada proses persalinan normal. Padahal, di ujung cerita, biasanya orang tersebut mengatakan merasa lega dan bahagia begitu buah hatinya lahir. Rasa sakit yang mendera sebelumnya hampir-hampir tidak terasa lagi.

Selain itu, ada bagian cerita yang sering ‘tertangkap’ oleh para wanita tadi, yakni persalinan dengan operasi caesar konon bisa lebih cepat dan proses persalinan bisa tetap diikuti oleh si pasien.

“Mereka lalu menangkap bagian yang menyenangkan dari cerita ini tanpa disertai pengetahuan mengenai rasa sakit yang lama setelah operasi, berbagai risiko yang dapat timbul akibat operasi, maupun proses pemulihan pascaoperasi yang lama. Dengan sosialisasi ‘keliru’ semacam itu, ditambah dengan semakin banyaknya wanita muda yang menjalani operasi caesar, maka seolah-olah operasi menjadi sebuah jalan keluar bagi kekhawatiran mereka,” lanjut Yati .

Padahal, menurut dr. Marius Widjajarta, SE , Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI), “Operasi caesar boleh dilakukan asal ada indikasi medis.”

Repotnya, kini, makin banyak pilihan dan juga tawaran yang menyebabkan meningkatnya operasi caesar yang justru tidak perlu.

Sekali caesar tetap caesar?

Meningkatnya jumlah pasien yang menjalani operasi caesar antara lain juga karena pendapat yang menyatakan, bahwa sekali operasi caesar tetap operasi caesar. Artinya, bila mereka menjalani operasi casear sebelumnya, maka persalinan berikutnya mau tidak mau harus caesar lagi. Tidak ada pilihan lain.

“Padahal, dengan sayatan sejajar dengan garis perut dan kondisi kehamilan setelahnya yang baik, persalinan berikutnya tak selalu harus melalui operasi. Juga, mungkin saja pada persalinan pertama terjadi plasenta previa atau terjadi persalinan macet, sementara pada kehamilan kedua kondisinya baik-baik saja sehingga persalinan normal bisa dilakukan,” ujar Prof. Gulardi

Repotnya, ada pula wanita yang minta melahirkan dengan operasi caesar hanya karena ingin memilih tanggal atau waktu persalinan. Kalau keadaannya begini, Prof. Gulardi yang juga mantan Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia menandaskan sekali lagi, “Bila tidak ada keadaan gawat dan indikasi untuk operasi, maka tindakan operasi tidak sesuai dengan kode etik kedokteran. Dokter juga seharusnya memberikan penjelasan pada pasien mengenai risiko operasi caesar yang lebih tinggi dibandingkan dengan persalinan normal.“

Nah, salah satu penangkal agar tidak mudah memilih operasi caesar adalah dengan memiliki pengetahuan cukup banyak mengenai operasi itu sendiri.

Ada andil rumah sakit juga

Sekilas, tampaknya si pasien itu sendiri yang menjadi ‘biang keladi’ naiknya jumlah angka operasi caesar tanpa indikasi medis. Padahal, pihak rumah sakit juga punya andil. Iming-iming yang ditawarkan oleh pihak rumah sakit seringkali sulit ditampik.

“Bahkan, ada yang melaporkan pada kami, bahwa ada paket yang menawarkan operasi caesar sekalian operasi usus buntu. Padahal, menurut kode etik kedokteran, kedua operasi tersebut tak perlu dilakukan, apalagi sekaligus, jika tak ada indikasi kesehatan,” kata dr. Marius W.

Belum lagi, disinyalir ada pihak rumah sakit yang seakan-akan menggiring pasien untuk ‘memilih’ operasi caesar ketimbang persalinan normal. Misalnya, dengan menyatakan bahwa janin terlilit tali pusat (biasanya dengan menunjukkan hasil USG atau ultrasonografi). Nah, pasien yang tak punya pengetahuan kesehatan sama sekali biasanya akan menuruti tawaran dokternya untuk operasi. “Padahal, lilitan tali pusat tak selalu harus dioperasi,” tutur Prof. Gulardi W.

Sehubungan dengan ini, Prof. Gulardi menambahkan, “Jika ada indikasi untuk operasi pun, dokter harus menjelaskan mengenai penyakitnya, alternatif pengobatannya, serta apa alasan si ibu harus menjalani operasi.”

Pada kondisi tertentu, seperti plasenta previa (ari ari janin menutupi jalan lahir) atau ukuran panggul tak sesuai dengan besar bayi, indikasi operasi caesar memang perlu dan sudah bisa diperkirakan melalui pemeriksaan sebelumnya.

Sayangnya, banyak hal lain yang sebenarnya bukan indikasi medis untuk operasi, namun diarahkan seolah-olah sebuah indikasi operasi. “Keadaan seperti ini bisa terjadi karena di Indonesia belum ada standar pelayanan kesehatan yang jelas,” sambung dr. Marius W. Lalu, apa jalan ke luarnya?

Second Opinion

“Jika Anda menghadapi dokter yang bersikukuh agar Anda dioperasi dan Anda merasa tidak ada indikasi kuat untuk menjalani operasi tersebut, maka sebaiknya Anda mencari second opinion atau bahkan third opinion. Bandingkan pendapat antara dokter yang satu dengan yang lainnya. Lalu, bagaimana cara Anda memilih dokter-dokter yang tepat untuk dimintai pendapat lainnya? “Sebaiknya cari dokter dari rumah sakit yang berbeda. Bisa juga Anda pilih dokter dengan usia yang berbeda. Memang jumlah uang yang akan dikeluarkan dari kocek Anda cukup banyak. Tetapi, dibandingkan dengan risiko yang mungkin Anda hadapi, rasanya pengorbanan Anda itu sepadan,” jelasnya lagi.

Jadi, bila Anda ingin menjalani operasi caesar tanpa indikasi medis, tidak salahnya jika Anda menggali dulu pengalaman mereka yang pernah mengalami proses persalinan dengan operasi dan secara normal. Apalagi, persalinan normal lebih murah, lebih nyaman karena proses penyembuhannya lebih cepat, serta risikonya lebih kecil bagi ibu dan bayinya ketimbang operasi.

Source : ayahbunda-online.com

Cara Meningkatkan Rating Website yang Kita Buat

Cara untuk membuat website kita dikunjungi banyak orang:

  1. Masukkan url website kita ke www.google.com/addurl.html -> hal ini berguna agar google dapat dengan cepat untuk memasukkan url website kita ke database sehingga jika orang melakukan searching yang sesuai dengan content website yang kita buat maka url website kita dapat muncul.
  2. Ganti title website anda dengan kata yang mengandung kata kunci atau keyword menggambarkan content website atau blog anda (untuk memilih keyword yang tepat silahkan searching di internet dikarenakan sudah banyak yang membahas tentang pemilihan keyword yang tepat), saya menyarankan untuk mengoptimalkan keyword yang telah anda pilih jika anda menggunakan wordpress silahkan gunakan plugin wordpress All in One SEO. Plugin ini telah saya bahas di weblog ini.
  3. Berikan alt keyword pada gambar di website anda.
  4. Perbanyak website yang memiliki link ke website yang anda buat tersebut (backlink), walaupun hal ini susah untuk dilakukan akan tetapi hasilnya sangat setimpal. Jika ingin mendapatkan single link secara natural adalah perbagus kualitas content website atau blog anda maka dengan sendirinya orang lain akan memuat link ke website atau blog anda, hal ini akan memakan waktu yang tidak sebentar (berdasarkan pengalaman) atau dengan cara mendaftarkan website atau blog anda ke direktori (non repicoral link).
  5. Sering-seringlah mengupdate content dari website yang anda buat (google menyarankan agar tidak terlalu sering).


Cara yang saya berikan di atas hanya SEO (Search Engine Optimization) tahap awal saja. . Contoh SEO tool untuk research atau menganalisa keyword anda dapat mengaksesnya di sini atau di sini. Saran saya gunakan keyword yang belum banyak dipakai dan banyak di cari orang.

Google membuat ranking SERP (Search Engine Ranking Position) berdasarkan 118 faktor yang anda bisa baca di sini.

Cara Supaya Atau Ingin Cepat hamil

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hamil. woman bodyNamun, biasanya tidak semua cara itu dapat dilakukan dengan mudah. Banyak faktor yang membuat seseorang tidak bisa hamil. Sebenarnya apa saja sih yang boleh kita lakukan supaya cepat hamil ?. Mau tahu ? Ini dia caranya;

Yang Boleh Dilakukan

* Rutin Berhubungan Seks
Jika Anda secara konsisten berhubungan seks dua atau tiga kali seminggu, hampir pasti Anda akan berhubungan pada masa subur.

* Berhubungan Sekali Sehari Dekat Waktu Ovulasi
Hubungan seks setiap hari dekat hari ovulasi bakal meningkatkan kemungkinan hamil. Meskipun konsentrasi sperma suami agak drop sedikit setiap kali berhubungan, pengurangan konsentrasi itu bukan masalah buat pria sehat.

sport girl* Bergaya Hidup Sehat
Jaga berat badan sehat, olahraga teratur, makan gizi sehat berimbang, dan menjaga stres agar terkontrol. Kebiasaan sehat yang sama itu juga akan mengawal diri Anda dan bayi dengan baik saat hamil.

* Pertimbangkan Perencanaan Kehamilan
Dokter akan menilai kesehatan Anda secara umum dan membantu mengidentifikasi perubahan gaya hidup yang mungkin akan meningkatkan kesempatan anda mendapatkan kehamilan sehat. Perencanaan seperti ini khususnya berguna jika Anda atau pasangan punya masalah kesehatan tertentu.

* Minum Vitamin
Asam folat (vitamin B9) berperan penting dalam perkembangan bayi. Minumlah suplemen asam folat paling tidak sebulan sebelum kehamilan sampai trimester pertama untuk mengurangi risiko penyakit spina bifida dan cacat tabung saraf lain sampai 70 persen.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

* Merokok
Tembakau mengubah lendir di mulut rahim yang mencegah sperma mencapai sel telur. Merokok juga meningkatkan risiko keguguran dan menekan perkembangan bayi karena menahan asupan oksigen dan gizi untuk si bayi. Jika merokok, minta bantuan dokter untuk berhenti sebelum hamil. Untuk kepentingan anak, cobalah berhenti merokok.
perokok
* Minum Alkohol

* Minum Obat Tanpa Persetujuan Dokter
Minum obat-obatan tertentu, apalagi tanpa resep dokter, dapat menyebabkan sulit untuk hamil.

Kapan harus ke dokter ?

Berhubungan seks rutin tanpa pelindung, pada sebagian besar pasangan sehat, umumnya akan membuahkan kehamilan dalam waktu satu tahun. Jika Anda masih berusia awal 30 atau lebih muda dan sehat, cobalah sendiri selama setahun sebelum konsultasi dokter.

Anda butuh bantuan dokter jika usia Anda di atas 35 tahun dan siklus menstruasi lebih dari 35 hari atau pasangan diduga punya masalah kesuburan. Ketidaksuburan sama-sama memengaruhi pria dan wanita. Jangan khawatir, pengobatannya ada kok, bergantung sumber masalah, ginekolog, dokter urologi, dan dokter Anda.

Source : duniasex.com
 

. © All Rights Reserved | 2009: Design and Illustration by elxis bro